Ricuh Rutan Kabanjahe, Warga Binaan Dipindahkan ke Lima Lokasi

Kerusakan rutan cukup parah

Karo, IDN Times – Para warga binaan Rutan Kelas II B Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara, dipindahkan ke sejumlah lokasi pasca kerusuhan, Rabu (12/2). Mereka dipindahkan ke lima Rutan dan Lapas yang ada di Sumut sejak malam tadi.

Rinciannya, 4 warga binaan ke Lapas Kelas I Medan, Tanjung Gusta. Kemudian Lapas Binjai 61 orang, Lapas Pemuda, Kabupaten Langkat 76 orang, Rutan Sidikalang, 34 orang dan Lapas Wanita Medan sebanyak 16 orang.

“Tadi malam dipindahkan dengan pengawalan ketat TNI dan Polri,” ujar Humas Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Sumatera Utara Josua Ginting, Kamis (13/2).

Kata Josua, total penghuni di Rutan Kabanjahe 410 orang. Dengan rincian 188 orang laki-laki, dan perempuan 14 orang.

"Jumlah tahanan dan napi yang sedang disidik Polres Karo dan Polda Sumut sebanyak 20 orang," kata Josua.

Sementara itu, ada 198 warga binaan yang dipindahkan sementara ke ruang tahanan di Polres Karo dan Polsek jajarannya. Satu irang dirawat di RSU Kabanjahe.

Sebelumnya, kerusuhan di Lapas Kabanjahe, Rabu Siang. Kerusuhan diduga disebabkan ada warga binaan yang memberontak karena tidak mau mengikuti peraturan di dalam Rutan.

Akibat kerusuhan itu, banyak fasilitas Rutan yang hancur. Para warga binaan juga melakukan aksi pembakaran.

Sebelumnya polisi menyebut ada 10 orang yang diduga provokator. Mereka tengah menjalani pemeriksaan intensif di kepolisian.

Baca Juga: [BREAKING] Ricuh Rutan Kabanjahe, 10 Provokator Diperiksa Intensif

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya