Ricuh Demo Mahasiswa di DPRD Sumut, Ini Tanggapan Kapolda

Sejumlah mahasiswa ditangkap

Medan, IDN Times - Ketegangan di DPRD Sumut mereda, Selasa (24/9). Kericuhan massa berhasil diredam. Meski pun sempat terjadi bentrokan susulan di Lapangan Benteng, Medan.

Sejumlah mahasiswa ditangkap saat kericuhan terjadi. Mereka menjadi bulan-bulanan kepolisian. Dalam sebuah video beredar seorang beralmamater hijau dipukuli membabi buta oleh pihak kepolisian dan beberapa yang diduga polisi berseragam.

Tak sedikit massa yang terluka. Massa menyelamatkan diri ke Kodim 02/01 BS saat kericuhan semakin meluas. Di sana mereka diterima TNI.

Unjuk rasa mahasiswa menuntut DPRD Sumut menolak revisi UU KPK dan sejumlah undang-undang berpolemik lainnya. Massa juga meminta pemerintah menindak tegas korporasi pembakar lahan yang menyebabkan kabut asap.

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto akhirnya angkat bicara. Kata Agus pihaknya susah maksimal memberikan pelayanan kepada pengunjuk rasa. Namun dia menyayangkan terjadinya provokasi.

“Setelah siang baru ada yang memprovokasi. Seperti inilah kondisinya. Artinya bahwa ada tindak pidana yang mereka kerjakan. Ada empat kendaraan kita rusak, security barier kita juga rusak," ungkap Agus kepada awak media.

Agus juga mengatakan, massa sebelumnya sudah mempersiapkan batu dan lainnya. Pihaknya bakal melanjutkan ke proses hukum yang berlaku.

“Ini akan kita proses. Kita akan minta pertanggungjawaban kepada siapa tokoh-tokoh penggeraknya,” tukasnya.

Agus juga mengungkapkan, yang menjadi tuntutan sudah dipenuhi pemerintah. Kata Agus, beberapa undang-undang yang dibahas ditunda pelaksanaannya.

“Namun saya yakin ada pihak pihak yang berkepentingan. Kita akan proses sesuai hukum yang berlaku. Karena perbuatan mereka bukan hanya mengganggu keamanan masyarakat yang lain. Tapi perbuatan mereka sudah merusak beberapa kendaraan kepolisian yang sesungguhnya kita memberikan pengamanan kepada mereka,” bebernya.

Hingga malam ini, sejumlah aparat kepolisian masih berjaga di DPRD Sumut. Sedangkan, sebagian mahasiswa masih bertahan di Markas Kodim.

Baca Juga: [BREAKING] Kericuhan Pecah di DPRD Sumut, Massa Lempari Batu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya