PLN Janji Tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadan dan Idul Fitri

Siagakan 2.843 personel untuk kawal listrik Sumut

Medan, IDN Times – PT PLN (Presero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) memastikan keandalan listrik jelang ramadan yang tinggal menghitung hari. PLN memastikan tidak ada pemadaman listrik selama Ramadan.

Itu dilakukan PLN supaya masyarakat merasa nyaman selama beribadah ramadan. Apalagi saat ini pemerintah juga getol mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah karena pandemik corona yang tak kunjung mereda.

1. PLN siagakan 2.843 personel untuk menjaga keandalan listrik

PLN Janji Tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadan dan Idul FitriDok. PLN UID Jateng dan DIY

Jaminan PLN untuk peniadaan pemadaman ditunjukkan dengan penyiapan personel. PLN menyiagakan 2.843 pasukan yang terdiri dari 2.795 personil dinas gangguan serta 48 orang petugas Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Selain personel, PLN juga menyiapkan fasilitas penunjang keandalan listrik. Antara lain, 217 unit genset mobile, 47 Unit Gardu Bergerak (UGB) serta 8 UPS yang berkapasitas 640 KVA.

Sementara untuk kendaraan pelayanan teknik, PLN UIW Sumut menyiagakan 10 crane, 128 mobil dan 202 unit mobil dinas gangguan. General Manager PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra menyampaikan bahwa saat ini pasokan daya untuk kelistrikan di Sumatera Utara sudah surplus, tidak ada lagi pemadaman karena defisit daya.

"Kami pastikan selama ramadhan dan idul fitri tidak akan ada padam karena defisit", ungkap General Manager PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra, Rabu (22/4).

Baca Juga: Jadi Tersangka Penghinaan Istri Rasulullah, Youtuber Medan Menangis

2. Beban puncak belum melampaui pasokan listrik

PLN Janji Tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadan dan Idul FitriIlustrasi (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Irwansyah pun optimis listrik di Sumut tetap andal selama Ramadan. Lantaran saat ini Sumatera Bagian Utara punya pasokan listrik  2.801 MW. Sementara perkiraan Beban Puncak Tertinggi Sumatera Bagian Utara sebesar 2.326 MW (1.851 MW untuk UIW Sumut saja), sehingga masih reserve margin rata rata sebesar 471 MW.

“Artinya Sumatera Bagian Utara tidak akan kekurangan daya bahkan ketika sudah mencapai beban puncak. Selain itu selama ramadhan dan idul fitri ini, PLN tidak akan melaksanakan pemeliharaan jaringan. Maka dapat dipastikan tidak ada pemadaman yang disebabkan oleh pemeliharaan jaringan", sambungnya.

3. Petugas PLN juga bisa perbaiki instalasi tanpa pemadaman

PLN Janji Tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadan dan Idul Fitriilustrasi petugas PLN (IDN Times/Aji)

Sebagai langkah antisipasi terhadap kondisi khusus seperti keadaan darurat maupun cuaca yang buruk, PLN telah memiliki SOP penyelesaian. Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) disiapkan untuk menyelesaikan gangguan jaringan guna meminimilisir pemadaman.

Selain itu menjelang masa ramadhan dan idul fitri telah dilakukan Gerakan Bersih di 454 penyulang serta Gelar Pasukan Yantek di seluruh unit PLN UIW Sumut.

"Dengan semua upaya pengamanan ini, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara optimis kehandalan kelistrikan,” pungkasnya.

Baca Juga: Darurat Corona, Gubernur Edy Rahmayadi: Tidak Ada Mudik

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya