PLN Geber Lisdes di Sumut, Elektrifikasi Mencapai 99,9 Persen

Sudah 98,6 persen desa dialiri listrik

Medan, IDN Times – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatra Utara mencatat Rasio Elektrifikasi sudah mencapai 99,99 persen. Rasio Elektrifikasi ini juga berbanding lurus dengan capaian peningkatan Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Sumut yang mencapai 98,66% persen.

Data PLN menunjukkan, ada peningkatan signifikan sejak 2016 hingga akhir 2020. Pad a 2016, RE di Sumut berada di angka 93,7 persen. Untuk RDB di wilayah Sumatera Utara pada  2017 sebesar 95,89 persen dan hingga awal Januari 2021 terjadi peningkatan sebesar 2,77 persen.

1. Teranyar, sembilan dusun di Taput dilistriki

PLN Geber Lisdes di Sumut, Elektrifikasi Mencapai 99,9 PersenIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Program Listrik Desa (Lisdes) teranyar menyentuh sembilan dusun di Taput. Di antaranya terletak di Desa Pardamean Nauli, Kecamatan Adian Koting. Saat ini, masyarakat merasakan betul dampak masuknya listrik ke daerah mereka. Baik dari sisi kualitas pendidikan maupun perekonomian.

Peresmian penyambungan Listrik Pedesaan dilakukan oleh General Manager PLN UIW Sumatera Utara, M Irwansyah Putra dan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan. Sembilan dusun yang kini dapat menikmati listrik meliputi Limus, Lobu Haminjon, Lobu Jambang, Siantar Naipospos, Batu Lamak, Torhonas, Bagot, Huta Silalahi, dan Dusun Sitandiang.

Baca Juga: Begini Rincian Biaya yang Kamu Butuhkan Kalau Naik Mobil Listrik

2. Elektrifikasi akan terus berlanjut hingga menyentuh pelosok daerah

PLN Geber Lisdes di Sumut, Elektrifikasi Mencapai 99,9 PersenWisatawan di Destinasi Wisata Paropo, Desa Silalahi I Kabupaten Dairi, Sumatera Utara antre untuk men-charge smartphone miliknya. Di lokasi wisata seperti ini sangat dibutuhkan akses listrik (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Bukan hanya di Taput, di Hari Kemerdekaan pada 2020 lalu, GM PT PLN UIW Sumut Irwansyah bersama pejabat daerah di Nias Selatan juga meresmikan listrik pedesaan di Desa Fanedanu, Sisiwa Ewali, Lolozukhu, Kecamatan Ulu Idanotae, Desa Na'ai dan Hilisaoto di Kecamatan Siduaori, Desa Sinar Susua, Kecamatan Somambawa dan Desa Hiliorahua Tasua, Kecamatan Susua, Kabupaten Nias.

Irwansyah menjelaskan bahwa persemian tersebut merupakan bagian dari langkah PLN dalam mewujudkan keadilan energi di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara.

“Sebagai badan usaha pengelola kelistrikan nasional, PLN terus menjalankan anamah negara untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya penyambungan listrik di daerah yang sulit terakses melalui program Listrik Pedesaan (Lisa),” paparnya.

Pada Agustus 2020 PLN telah melakukan ekspedisi terangi negeri di Kepulauan Nias Selatan. Selama 14 hari, tim dari Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN UIW Sumatera Utara melakukan survey di 36 desa, 7 kecamatan dan 20 pulau sebagai bahan perencanaan dalam meningkatkan rasio desa berlistrik di Sumatera Utara.

3. Sudah 6.028 desa terlistriki di Sumut hingga Januari 2021

PLN Geber Lisdes di Sumut, Elektrifikasi Mencapai 99,9 Persen(Ilustrasi desa) ANTARA FOTO/Jojon

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019 menunjukkan jumlah desa di Sumut sebanyak 6.132 desa. Per Januari 2021, PLN mencatat sudah melistriki 6.028 desa di Sumatera Utara.

Selama 2020 PLN melalui Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara berhasil melakukan penyambungan listrik di 96 Dusun untuk memenuhi kebutuhan dari total sekitar 8 ribu pelanggan. Per Januari 2021 PLN telah melistriki 6.028 desa di Sumatera Utara. Kondisi medan yang ekstrem menjadi tantangan utama dalam pelistrikan wilayah pelosok.

 “Dengan konsistensi, kerja sama dan dukungan dari segala pihak yang terlibat, saya yakin program Sumatera Utara terang bukan lagi mimpi,” pungkasnya.

Baca Juga: Listrik Gratis PLN Diperpanjang Hingga Maret 2021, Ini Cara Klaimnya

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya