Pembangunan Jalan Karo Dimulai, Daerah Wisata dan Pertanian Prioritas

Dana yang dikucurkan Rp114,8 M

Karo, IDN Times – Perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Karo dimulai. Pemerintah Provinsi Sumatra  Utara mengucurkan dana hingga Rp114,8 miliar.

Namun infrastruktur jalan yang dibangun akan diprioritaskan pada daerah yang memiliki potensi pertanian dan  pariwisata. Hal ini diungkapkan Edy Rahmayadi usai kunjungan kerja ke Kabupaten Karo, Kamis (21/7/2022). Pembangunan dan perbaikan jalan ini dilakukan dengan skema multi years.

"Program utamanya di Karo perbaikan jalan agar distribusi pertanian dari sini lancar dan memangkas ongkos produksi. Selain itu, juga menunjang sektor pariwisata," ungkap Edy Rahmayadi.

1. Ada 4 ruas jalan yang akan dibangun

Pembangunan Jalan Karo Dimulai, Daerah Wisata dan Pertanian PrioritasKondisi kerusakan jalan di Liang Melas Datas. (Istimewa)

Kata Edy, saat ini ada empat ruas jalan yang akan dibangun. Mulai dari ruas Simpang Tongkoh-Simpang Sinaman (5 Km), Jalur alternatif Medan-Berastagi (12,67 Km) dan Kuta Rakyat- Batas Kabupaten Langkat. Selain itu juga akan dibangun drainase sepanjang 4 Km di ruas jalan provinsi.

Edy Rahmayadi juga berpesan kepada OPD Pemkab Karo dan Perangkat Desa untuk mengelola anggaran dengan tepat termasuk implementasinya. Menurutnya, penyerapan APBD saat ini sangat dibutuhkan karena kondisi global yang sedang tidak stabil.

"Sekarang lagi sulit, APBD menjadi sumber utama perputaran uang di suatu daerah. Investor masih sedikit karena kondisi global, karena itu percepat serapan anggaran, tetapi sesuai dengan SOP. Untuk apa dibangun jalan kalau tata kelola kita belum maksimal, dampaknya juga tidak akan maksimal dan yang dirugikan rakyat," ungkap mantan Pangkostrad itu.

Baca Juga: Edy Boyong Investor ke Dairi, Bakal Bangun Pabrik Minyak Serai Wangi

2. Pengerjaan ditarget rampung 2023

Pembangunan Jalan Karo Dimulai, Daerah Wisata dan Pertanian PrioritasGubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar menjawab pertanyaan wartawan, di Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan (Istimewa/IDN Times)

Saat ini, pembangunan sudah dimulai. Pihaknya menarget, pembangunan jalan rampung pada 2023.

“Karena uang kita terbatas, kita memilih skala prioritas, yang akan memberikan dampak besar untuk pertanian dan pariwisata," imbuh Edy.

3. Pembangunan jalan harus jadi kepentingan bersama

Pembangunan Jalan Karo Dimulai, Daerah Wisata dan Pertanian PrioritasKondisi kerusakan jalan di Liang Melas Datas, Kabupaten Karo. (Istimewa)

Sementara itu, Bupati Karo Corry Srywati Sebayang meminta masyarakat mendukung pembangunan yang sedang berjalan. Dia berharap ke depannya ruas jalan provinsi di sekitaran Karo lebih baik lagi.

"Kita dukung pembangunan ini karena ini untuk kepentingan kita bersama. Mudah-mudahan ke depannya jalan provinsi di Karo semua bagus sehingga akses ke Karo semakin mudah dan semakin banyak. Ini akan berpengaruh besar untuk pembangunan daerah kita," kata Corry.

Baca Juga: Merdang Merdem, Tradisi Khas Karo Meminta Keselamatan Berladang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya