Pegadaian Ingatkan Netizen Waspadai Akun Bodong Tawarkan Lelang Online

Lebih dari 400 akun bodong sudah dilaporkan ke polisi

Medan, IDN Times – PT Pegadaian (persero) geram dengan aksi dugaan penipuan di media sosial yang mencatut nama mereka. Pegadaian pun mengambil sikap. Mereka melaporkan lebih dari 400 akun Instagram yang mengatasnamakan Pegadaian.

Diketahui, secara mekanisme penipuan tersebut dilakukan dari akun-akun Instagram menggunakan kata Pegadaian yakni Pegadaian Syariah dan The Gade. Mereka mencoba memanipulasi netizen untuk percaya dengan tampilan yang meyakinkan seperti akun asli milik Pegadaian.

Para pelaku mengambil foto karyawan dan memanipuiasi data KTP, NPWP, bahkan kartu pengenal karyawan (ID Card).

"Lebih dari itu mereka membuat rekening bank virtual dengan nama Pegadaian," jelas Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Edwin S Inkiriwang, Kamis (19/11/2020).

1. Akun bodong tawarkan lelang barang berharga

Pegadaian Ingatkan Netizen Waspadai Akun Bodong Tawarkan Lelang OnlinePegadaian Laporkan Pelaku Lelang Online (Dok. Humas Pegadaian)

Menurut Edwin, pelaku penipuan ini menawarkan berupa barang berharga, seperti emas batangan maupun perhiasan dengan harga murah jauh di bawah harga pasar seperti komputer jinjing, handphone, bahkan sepeda dengan merk ternama.

Selanjutnya, calon korban diminta mentransfer uang dan barang yang dipesan tak dikirimkan. Disesalkan setelah transfer diterima pelaku, selanjutnya ia menutup akun media sosial bahkan nomor rekening yang dipakai untuk menipu.

2. PT Pegadaian tak pernah lakukan lelang secara online

Pegadaian Ingatkan Netizen Waspadai Akun Bodong Tawarkan Lelang OnlineIDN Times/Hana Adi Perdana

Edwin menegaskan, dalam kebijakan perusahaan PT. Pegadaian (Persero) tak pernah melakukan penjualan ataupun lelang secara online barang-barang berharga tersebut.

Edwin mengimbau, agar nasabah atau masyarakat pengguna medsos lebih teliti dan tidak mempercayai ada tawaran lelang barang-barang mengatasnamakan Pegadaian.

"Jangan sampai tertipu dengan barang murah dalam lelang online mengatasnamakan Pegadaian," ungkap Edwin.

3. Secara prosedur perusahaan, lelang dilakukan secara terbuka disetiap outlet

Pegadaian Ingatkan Netizen Waspadai Akun Bodong Tawarkan Lelang OnlinePegadaian Laporkan Pelaku Lelang Online (Dok. Humas Pegadaian)

Edwin menyampaikan, secara prosedur perusahaan, lelang barang jaminan nasabah yang dilakukan oleh Pegadaian secara terbuka di setiap cabang atau outlet.

Sehingga, nasabah dapat memperoleh dengan baik harga maupun barang yang diinginkannya.

Baca Juga: Bikin Melongo, Ini Harga 10 Skincare Nagita Slavina Istri Raffi Ahmad

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya