Pabrik Tahu di Asahan Meledak, 7 Pekerja Dilaporkan Terluka

Ledakan diduga dari mesin ketel uap

Asahan, IDN Times – Dentuman keras memecah pagi di Desa Bunut Seberang, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, Selasa (2/8/2022). Suara bahkan terdengar hingga satu kilometer.

Ternyata, suara  itu berasal dari ledakan di pabrik tahu di sana. Saat kejadian, warga melihat seng dan kayu beterbangan.

"Kejadiannya sekitar jam delapan pagi ini. Ledakannya itu satu kali, suaranya keras waktu kejadian meledak itu seng-seng batu sampai terbang," kata Supardi, salah seorang warga di lokasi kejadian.

1. Ledakan diduga berasal dari ketel uap

Pabrik Tahu di Asahan Meledak, 7 Pekerja Dilaporkan TerlukaIlustrasi. (Pixabay.com/OpenClipart-Vectors)

Informasi yang dihimpun dari pekerja pabrik, ledakan itu terjadi saat rekan-rekan kerjanya baru saja masuk ke dalam pabrik. Sumber ledakan diduga berasal dari mesin ketel uap berukuran besar di dalam pabrik.

"Yang meledak mesin ketel uap. Posisinya memang belum semua pekerja yang datang, kita masih siap siap mau kerja," kata dia.

Baca Juga: Jual Chip Higgs Domino Island, Seorang PNS di Aceh Dicambuk  

2. Tujuh korban ledakan dilarikan ke rumah sakit

Pabrik Tahu di Asahan Meledak, 7 Pekerja Dilaporkan TerlukaIlustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari keterangan warga, pabrik itu tidak kurang dari 30 tahun beroperasi. Pabrik pembuat tahu itu memekerjakan, sekitar 20 orang.

Kata Yudi, dalam peristiwa itu, sekitar tujuh rekannya dilarikan ke rumah sakit. Ledakan itu juga membuat kerusakan pada bangunan di sekitarnya. Rinciannya 6 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak berat.

3. Polisi masih melakukan penyelidikan

Pabrik Tahu di Asahan Meledak, 7 Pekerja Dilaporkan TerlukaIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat ini, lokasi bangunan yang meledak sudah dipasangi garis polisi. Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira. Dia bilang, penyebab ledakan itu masih diselidiki.

 “Masih kami selidiki penyebabnya,”ujar Putu.

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan Danau Toba, 85 Hektare Ludes Dilalap Api

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya