Natal dan Tahun Baru 2021, PLN Sumut Jamin Keandalan Listrik

Siagakan berbagai infrastruktur antisipasi gangguan

Medan, IDN Times – PT PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Utara (UIW SUMUT) memastikan keandalan sistem ketenagalistrikan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021. PLN sudah melakukan berbagai persiapan untuk menjaga keandalan infrastruktur ketenagalistrikan agar masyarakat bisa merayakan Natal dan Tahun Baru.

Apalagi di Sumut pemerintah sudah mengimbau untuk tidak melakukan perayaan Natal dan Tahun Baru dengan keramaian untuk mencegah penyebaran COVID-19. Sehingga masyarakat diimbau tetap berada di rumah.

1. Kendalan listrik dijamin mencapai pulau terluar Sumut

Natal dan Tahun Baru 2021, PLN Sumut Jamin Keandalan ListrikWarga memeriksa meteran listrik di kompleks rumah susun (Rusun) Petamburan, Jakarta, Minggu (7/6/2020). ANTARA FOTO/Reno Esnir

PLN juga menjamin ketersediaan tenaga listrik hingga daerah terpencil dan pulau terluar di Sumut. “Sistem pembangkitan kita sudah mencapai pulau-pulau terluar dan daerah terpencil. Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk kecukupan daya kita sudah cukup baik. Ini sudah memasuki masa-masa siap siaga. Kita melakukan kegiatan pemeliharaan di seluruh infrastruktur,” ujar General Manager PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra, Selasa (22/12/2020).

Irwansyah juga berharap PLN bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggannya. Pihaknya juga sudah memetakan berbagai potensi yang bisa mengganggu keandalan jaringan listrik. Termasuk bencana alam yang terus mengintai di penghujung tahun.

“Mudah-mudahan dengan kesiagaan kita, kita bisa merayakan natal 2020 dengan khidmat dan dapat menyambut 2021 dengan khidmat dan dengan baik,” ungkapnya.

Saat ini kapasitas listrik di Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) mencapai 2.749 Megawatt (MW) dengan Beban Puncak (BP) tertinggi pada 2.283 MW. Kapasitas ini sudah termasuk distribusi listrik ke Aceh. Sementara untuk Sumut BP tertinggi berada pada angka 1.811 MW. Total cadangan listriknya mencapai 453 MW.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, 10 Artis Indonesia Ini Ternyata Asli Korea

2. Siagakan hampir 3.000 personel dan pasukan elit kawal keandalan listrik

Natal dan Tahun Baru 2021, PLN Sumut Jamin Keandalan ListrikIlustrasi (ANTARA FOTO/Rahmad)

Manager Pengendalian Operasi Sistem Ditribusi PLN UIW Sumut M Harryadi Pulungan menjelaskan, dalam siaga Nataru, PLN sudah menyiapkan 237 posko yang tersebar di Sumut. Total personel yang diterjunkan di posko juga mencapai 2.929 orang.

Selain itu, PLN juga menyiagakan pasukan elit dari unit Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Tim ini bisa melakukan pemeliharaan jaringan tanpa melakukan pemadaman.

“Ada 48 PDKB yang kita siagakan di sejumlah UP3,” ungkapnya.

Selain personel, PLN juga menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung. Misalnya, genset mobile, UPS, hingga gardu bergerak.

“Kita juga siaga di semua bandara yang ada di Sumut. PLN juga sudah melakukan bebrapa peningkatan  siaga Nataru. Di seluruh unit sudah melakukan inspeksi terhadap kesiapan jaringan kita,” imbuhnya.

3. Pemetaan daerah berpotensi bencana jadi salah satu prioritas

Natal dan Tahun Baru 2021, PLN Sumut Jamin Keandalan ListrikIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Kata Harryadi, PLN juga terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk penanganan  jaringan listrik. Daerah rawan bencana menjadi prioritas. Sehingga petugas PLN bisa sigap dalam penanganan gangguan karena bencana alam.  

“PLN 24 jam siap untuk menghadapi gangguan infrastruktur ketenagalistrikan. Kita juga berkoordinasi denga BPBD setempat,” pungkasnya.

Harryadi juga menjelaskan soal  pemadaman listrik yang sering kali menjadi keluhan masyarakat. Kata dia, ada dua sebab listrik padam. Pertama  karena terdapat gangguan pada jaringan. Kedua pemadaman terencana yang dilakukan karena adanya pemeliharaan jaringan. 

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Asli Kiki Pembantu Aldebaran di Ikatan Cinta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya