Menanti Aksi Riko Sunarko, Kapolrestabes Medan Pengganti Johnny Isir 

Punya rekam jejak sering pecat polisi 'nakal'

Medan, IDN Times – Komisaris Besar Riko Sunarko resmi dilantik menjadi Kapolrestabes Medan yang baru, Senin (18/5). Dia menggantikan Kombes Jhonny Eddizon Isir yang baru menjabat 4 bulan dan dipercayakan menjadi Kapolrestabes Surabaya.

Pelantikan Riko langsung dipimpin oleh Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin di Aula Tri Bharata Mapolda Sumut hari ini.

1. Kapolda pesankan Riko bisa lanjutkan berantas kejahatan jalanan di Kota Medan

Menanti Aksi Riko Sunarko, Kapolrestabes Medan Pengganti Johnny Isir Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin saat memberikan arahan kepada para pejabat baru di jajarannya (IDN Times/dok Humas Polda Sumut)

Dalam kesempatan itu, Martuani meminta Riko supaya menjalankan tugasnya dengan baik. Kinerja Polrestabes Medan juga harus bisa meningkat di masa dia menjabat.

"Kepada Kapolrestabes Medan saya menaruh harapan besar untuk melanjutkan dan meningkatkan apa yang telah dilaksanakan Kapolrestabes Medan lama khususnya dalam memberantas kejahatan jalanan dan Narkotika sebagai etalase Sumut. Karena tolak ukur Sumut adalah Kota Medan, jika Kota Medan bermasalah maka kita semua terkena imbasnya", ujar Kapolda Sumut.

Jabatan Riko Sunarko sebelumnya merupakan analis kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Polri.

Baca Juga: Hanya 4 Bulan Kapolrestabes Medan, Johnny Isir Diganti Riko Sunarko

2. Riko ternyata sering bikin polisi ‘nakal’ dipecat

Menanti Aksi Riko Sunarko, Kapolrestabes Medan Pengganti Johnny Isir Para pejabat utama Polda Sumut dan Jajaran Kapolres baru yang dilantik di Mapolda Sumut, Senin (17/5) (dok Humas Polda Sumut)

Riko sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Mabes Polri. Dia kemudian dimutasi Surat Telegram Nomor: ST/1377/V/KEP./2020 yang terbit pada Jumat (1/5/2020) dan ditugaskan menjadi Kapolrestabes Medan.

Laki-laki kelahiran Surabaya 1972 lalu itu, punya rekam jejak yang ciamik. Informasi yang dihimpun, saat dia menjabat sebagai Kabid Propam Polda Sulsel 2017 lalu, dia pernah mengeluarkan 13 rekomendasi pemecatan tidak dengan hormat (PTDH) terhadap 'polisi nakal'. Para polisi yang dihukumnya terlibat narkotika.

Kasus paling menonjol yang pernah ditangani Riko Sunarko saat jadi Kabid Propam, saat menangani polisi nakal Bripka SY anggota Polres Jeneponto yang diduga selingkuh dengan perempuan berstatus janda. Kasus itu viral setelah istri sah Bripka SY mengunggah video ke akun facebook. Dia kemudian melaporkan kejadian itu ke Propam.

3. Selain Isir, 6 Kapolres di Sumut juga diganti

Menanti Aksi Riko Sunarko, Kapolrestabes Medan Pengganti Johnny Isir Para pejabat utama Polda Sumut dan Jajaran Kapolres baru yang dilantik di Mapolda Sumut, Senin (17/5) (dok Humas Polda Sumut)

Selain jabatan Kapolrestabes Medan, Martuani juga memimpin serah terima jabatan 2 Pejabat Utama Polda Sumut dan 6 Kapolres lainnya.

Dua jabatan utama dalam serah terima ini yaitu Dir Samapta Polda Sumut dari Kombes Pahala Hotma Mangatur Panjaitan  kepada Kombes Yus Nurjaman. Kemudian Kabid TIK Polda Sumut dari Kombes Rina Sari Ginting kepada Kombes Raja Sinambela.

Sedangkan untuk enam jabatan Kapolres yang diserah terimakan lainnya antara lain  Kapolres Tapanuli Tengah dari AKBP Sukamat kepada AKBP Nicolas Dedy Arifianto.

Selanjutnya Kapolres Tapanuli Utara dari AKBP Horas Marasi Silaen kepada AKBP Jonner M H Samosir, Kapolres Tapanuli Selatan dari AKBP Irwa Zaini Adib kepada AKBP Roman Smarathana Elhaj.

Kemudian, Kapolres Simalungun dari AKBP Heribertus Ompusunggu kepada AKBP Agus Waluyo, serta Kapolres Tobasa dari AKBP Agus Waluyo kepada AKBP Akala Fikta Jaya.

Martuani juga menyerahkan piagam penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak dan Polisi Selebriti Award 2020 kepada Kapolres Tobasa dan ibu Kategori Kapolres Pejuang Hak Anak dan Kepedulian Terhadap Anak serta Polres Tobasa atas kepedulian dalam memperjuangkan kepentingan terbaik anak.

Baca Juga: Jhonny Edison Isir, Mantan Ajudan Jokowi Jadi Kapolrestabes Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya