Makhluk Pengisap Darah Ternak di Taput Bentuknya Mirip Musang

Terekam kamera CCTV, dicurigai Binturong

Tapanuli Utara, IDN Times – Tidak kurang dari sebulan, tim gabungan di Kabupaten Tapanuli Utara memburu makhluk pengisap darah ternak yang meresahkan warga. Sampai sekarang tim belum bisa mengungkap misteri makhluk tersebut.

Belakangan makhluk misterius di Desa Pohan Tonga, Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, terekam CCTV. “Ada terekam, bentuknya seperti musang,” ujar Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Rabu (22/7/2020).

1. Tim kembali pasang jebakan untuk menjerat

Makhluk Pengisap Darah Ternak di Taput Bentuknya Mirip MusangBupati Taput Nikson Nababan menyampaikan keterangan pers (Dok.IDN Times/Istimewa)

Nikson mengatakan, makhluk misterius itu terekam kamera di sekitar kandang ternak. Pihaknya juga sudah melakukan penyelidikan di sekitar lokasi.

Tim juga memasang jebakan. “Saya pimpin rapat di lokasi. Kita tetap kita lakukan jebakan, semua kandang ternak pasang lampu,” ujar NIkson.

Untuk memburu makhluk itu, tim gabungan yang terdiri dari Polisi, BBKSDA dan Pemkab Taput dan lainnya akan gotong royong menyusuri sungai. “Rencana  (kita) gotong royong membersihkan aliran sungai yang diduga tempat binatang tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Ternyata Teror Pengisap Darah Ternak di Taput Sudah Ada Sejak 2017

2. Dugaan makhluk selain musang masih memungkinkan

Makhluk Pengisap Darah Ternak di Taput Bentuknya Mirip MusangRatusan hewan ternak mati dengan luka di leher (Facebook/Manurung Hutasoit)

Meskipun dalam rekaman CCTV terlihat seperti musang, Nikson masih tidak menutup kemungkinan ada makhluk lain yang meneror.

“Dugaan ke arah binatang lain masih ada, karena tadi ada warga lapor ke saya binatang itu besar tidak seperti musang. Makanya kita tetap jaga segala kemungkinan,” tandasnya

3. Dugaan kuat mengarah ke Binturong

Makhluk Pengisap Darah Ternak di Taput Bentuknya Mirip MusangDua ekor bayi binturong lahir di Lembang Park and Zoo. (IDN Times/Bagus F)

Dilansir ANTARA, Kepala Seksi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumut Wilayah IV Tarutung, Manigor Lumbantoruan, mengatakan dugaan makhluk pengisap darah itu adalah Binturong atau musang besar.

Hal tersebut diungkapkan berdasarkan keterangan keluarga Simanjuntak yang pernah sepintas melihat makhluk pemangsa yang terlihat memiliki ekor panjang. Binturong atau kucing beruang atau dalam istilah asing disebut "bearcat" merupakan jenis satwa yang memiliki lima cakar.

Kucing beruang ini juga bisa memiliki berat tubuh hingga lebih dari 20 kg, dan memiliki ukuran panjang cakar 1,5-2 cm, berdasarkan sejumlah temuan jejak yang tertancap di atas permukaan tanah.

Jenis satwa ini juga diketahui memiliki bulu yang berwarna, mulai dari kecoklatan, hingga bulu berwarna hitam.

Baca Juga: Teror Pengisap Darah di Taput, Dari Mistis Hingga Serangan Chupacabra

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya