Mahfud MD Sebut Paham Terorisme Kini Juga Sasar Perempuan

Pemerintah sebut terus melakukan counter wacana radikalisme

Medan, IDN Times - Menteri Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD mengatakan jika pemerintah terus melakukan upaya deradikalisasi. Menurutnya angka terorisme dan penyebaran radikalisme terus menurun beberapa tahun belakangan.

Kata Mahfud, wacana pendidikan ideologi harus digalakkan. Itu dianggap menjadi tangkal jitu terorisme dan radikalisme.

“Insyaallah radikalisme itu mulai berkurang,” kata Mahfud saat ditemui di Kota Medan, Selasa (26/11).

1. Mahfud akui tren radikalisme bergeser

Mahfud MD Sebut Paham Terorisme Kini Juga Sasar PerempuanMenko Polhukam Mohammad Mahfud MD berkomentar soal deradikalisasi di kalangan millennial (IDN Times/Prayugo Utomo)

Mahfud mengatakan jika tren persebaran radikalisme bergeser. Saat ini trennya bergeser menyasar kaum milllennial. Khususnya perempuan.

Dia mencontohkan beberapa kejadian terorisme yang melibatkan perempuan. Misalnya, bom Bunuh diri Mapolrestabes Medan, lalu kejadian sebelumnya di Sibolga. Lalu kejadian penusukan Wiranto, Menko Polhukam sebelum dirinya juga melibatkan perempuan.

“Kalau dulu tindakan teror itu yang dilakukan oleh orang yang sudah tua, laki-laki dewasa biasanya. tetapi yang sekarang perempuan ikut,” kata Mahfud, Selasa (26/11) di Medan.

Bahkan sejumlah kegiatan terorisme mulai melibatkan anak-anak.

Baca Juga: Terorisme Sasar Millennial, Menko Mahfud Sebut Pendidikan Cara Efektif

2. Lakukan counter wacana untuk cegah terorisme berkembang

Mahfud MD Sebut Paham Terorisme Kini Juga Sasar PerempuanMenko Polhukam Mahfud MD menjadi pembicara dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kampus UIN Sumut, Selasa (26/11). (Dok Humas Pemprov Sumut)

Dalam beberapa waktu terakhir, pemerintah terus melakukan counter wacana soal radikalisasi. Pendidikan dan deradikalisasi dikuatkan.

Termasuk pada kejadian bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan yang menyeret puluhan orang menjadi tersangka, karena dianggap masih dalam satu jaringan.

“Begitu pemerintah baru terbentuk wacana kita counter kemudian tindakan-tindakan yang sifatnya jihadis yang bom dan sebagainya sekarang sudah berkurang,” ungkapnya.

3. Wacana pendidikan terus digodok

Mahfud MD Sebut Paham Terorisme Kini Juga Sasar PerempuanMenko Polhukam Mohammad Mahfud MD berkomentar soal deradikalisasi di kalangan millennial (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kata Mahfud pemerintah sedang menggalakkan pendidikan ideologi di kalangan millennial. Ini yang disebut cara ampuh menangkal terorisme. Sehingga bisa mengurangi milllennial yang terpapar.

“Yang Anda maksud millennial itu dengan cara-cara wacana pendidikan, sosialisasi, halaqah-halaqah pertemuan, diskusi kemudian melalui kurikulum di semua lembaga pendidikan,” ungkap.

Dia menambahkan, itu juga dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 11 menteri yang belakangan menuai pro dan kontra.

“Sehingga nanti ada yang tindakan hukum, adanya tindakan pendidikan, ada yang agama ada yang apa namanya sosial dan macam-macamnya,” pungkasnya. 

Baca Juga: Mahfud MD: Satu Bomber di Medan Kabur, Begini Penjelasan Polri

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya