Comscore Tracker

Longsor di Sibolangit,  Gubernur Edy Lakukan Evaluasi dan Perbaikan

Kawasan Sibolangit sedang diperbaiki karena rawan

Medan, IDN Times – Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi buka suara terkait bencana longsor di ruas Jalan Jamin Ginting, KM 36 tepatnya di Tikungan PDAM Tirtanadi, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, 23 Oktober 2021 malam lalu. Dalam peristiwa itu, tiga orang meninggal dunia.

1. Pemerintah tengah melakukan perbaikan ruas Jalan Jamin Ginting

Longsor di Sibolangit,  Gubernur Edy Lakukan Evaluasi dan PerbaikanIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Kata Edy, pihaknya sudah melakukan upaya perbaikan. Pengerjaannya juga dilakukan sebelum longsor terjadi.

"Longsor ini lah, ada perbaikan infrastruktur dari sini (Kota Medan) ke Berastagi (Kabupaten Karo). Jadi, belum sempurna, tiba hujan jadinya longsor,” kata Edy, Senin (25/10/2021).

Kejadian longsor yang sudah berulang kali ini sudah menjadi evaluasi Edy di jajarannya. Sehingga pihaknya melakukan perbaikan infrastruktur.

"Sedang kita tangani (perbaikan infrastruktur), bukan ditangani ke depan. Kita perluas jalan dan kita perkuat," ucap Edy.

Baca Juga: Tiga Orang Meninggal Tertimbun Longsor di Sibolangit, Ini Identitasnya

2. Pihaknya juga tengah mencari solusi untuk pengaturan lalu lintas

Longsor di Sibolangit,  Gubernur Edy Lakukan Evaluasi dan PerbaikanLongsor yang terjadi di simpang PDAM, Sibolangit, Sabtu (23/10/2021). (instagram/poldasumaterautara)

Selama ini, ruas Jamin Ginting memang menjadi akses utama dari Medan menuju Kabupaten Karo. Truk-truk pengangkut logistik juga melintasinya. Saat akhir pekan, ruas ini padat karena banyak orang yang akan berwisata.

Pihak Pemprov Sumut tengah mencari solusi untuk pengaturan lalu lintas di sana. Memang menjadi dilema, jika harus menyetop truk yang membawa logistik dan bertepatan saat akhir pekan.

"Dilema ya, kalau truk itu. Karena membawa logistik. Satu membawa logistik dan satu lagi menurunkan logistik. Itu daerah pariwisata, terganggulah semuanya," sebut Edy.

"Nanti kita atur, apa kita terapkan ganjil genap. Kita evaluasi semua," ungkapnya.

3. Lima orang tertimpa longsor saat melintas

Longsor di Sibolangit,  Gubernur Edy Lakukan Evaluasi dan PerbaikanIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam kejadian longsor itu, tiga orang tewas. Dua orang yang selamat mengalami luka-luka.

Mereka menjadi korban saat mobil Daihatsu Xenia berplat nomor B 2236 KFB yang ditumpangi mereka tertimpa. Seluruh korban dievakuasi dan dibawa ke RSUPH Adam Malik, Kota Medan dan RS Efarina Etaham, Kabupaten Karo. 

Akses Medan – Karo sempat tertutup karena kejadian itu. Setelah material longsor dibersihkan, polisi sempat menerapkan sistem buka tutup jalur. Kepolisian pun mengimbau agar pengendara tetap waspada. Karena masih ada bebatuan besar yang berpotensi akan jatuh dari tebing.

Baca Juga: Longsor Sibolangit, Masih Ada Batu Besar yang Berpotensi Runtuh

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya