Listrik Padam saat Puasa, Gubernur Edy: PLN Harus Seperti Suami Siaga

Gubernur Sumut panggil PT PLN dan PT Pertamina Gas

Medan, IDN Times - Pemadaman listrik memang membuat kesal masyarakat. Apalagi terjadi saat Bulan Ramadan.

Beberapa waktu lalu pemadaman listrik terjadi di Sumut. Bahkan pemadaman terjadi saat jam sahur bahkan salat tarawih.

PLN Sumut mengatakan pemadaman terjadi karena gangguan di pembangkit mereka.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyoroti soal pemadaman. Edy pun mengundang PLN Sumut untuk membahas keandalan listrik. Khususnya saat Ramadan.

1. Edy Rahamayadi ingin PLN seperti suami siaga

Listrik Padam saat Puasa, Gubernur Edy: PLN Harus Seperti Suami SiagaIDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

Edy Rahmayadi memberikan penegasan dalam pertemuan dengan PT PLN dan PT Pertamina Gas di ruang rapat Kantornya, Senin (13/5).

“Saya minta tolong kepada saudara-saudara sekalian, ini jangan sampai terulang lagi. PLN harus siaga 24 jam seperti suami SIAGA (Siap Antar Jaga) yang istrinya mau melahirkan, jadi bila ada yang tidak biasa terjadi cepat ketahuan dan bisa diantisipasi,” tegasnya.

Baca Juga: Lagi Salat Tarawih, Listrik di Medan Padam Lagi

2. Pemadaman listrik ganggu kenyamanan masyarakat yang berpuasa

Listrik Padam saat Puasa, Gubernur Edy: PLN Harus Seperti Suami Siagametrojambi.com

Sebelumnya pada Kamis (9/5) pukul 02.45 WIB terjadi pemadaman listrik di Kota Medan dan sekitarnya. Kemudian pemadaman listrik kembali terjadi sekitar pukul 21.00 WIB di hari yang sama dan kembali menyala sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, Jumat (10/5).

Menurut Mantan Ketum PSSI itu, pemadaman listrik dapat mengganggu kenyamanan masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan.

“Ini bulan Ramadan, jadi masyarakat muslim ingin bisa beribadah dengan bagus, memaksimalkan bulan suci ini, jadi ketika mati lampu tentu masyarakat marah,” kata Edy Rahmayadi.
 
Edy Rahmayadi juga berharap, persoalan pemadaman listrik harus segera ditangani dan dituntaskan.

“Masalah ini sudah ada sejak saya kecil, dan sekarang saya sudah jadi gubernur masih juga terjadi lagi,” tambahnya.

3. PLN jelaskan soal pemadaman listrik yang terjadi belakangan

Listrik Padam saat Puasa, Gubernur Edy: PLN Harus Seperti Suami SiagaANTARANEWS

Senior Manajer Distribusi PT PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Taufik Hidayat menyampaikan, pemadaman listrik yang terjadi karena rusaknya Current Transfermer (CT) di beberapa pembangkit listrik Sumut. Sedangkan yang kedua dikarenakan penurunan drastis supply gas untuk PLN yang membuat beberapa pembangkit listrik tidak berfungsi.
 
“Untuk pemadaman listrik yang pertama, Kamis menjelang sahur itu karena rusaknya CT di beberapa PLTU kita. Itu segera kita ganti dan dalam waktu sekitar 30 menit bisa kembali beroperasi dan listrik kembali normal. Sedangkan yang kedua adanya penurunan tekanan supply gas ke PLN sehingga beberapa pembangkit listrik kita tidak bekerja, tetapi kita juga terus berupaya untuk memperbaikinya dengan berkoordinasi bersama PT Pertamina Gas,” ungkapnya.
 
Penurunan tekanan gas untuk PT PLN pada kasus ini terjadi bukan bersumber dari Pertamina, melainkan tingginya penggunaan listrik masyarakat Sumut dan Aceh pada bulan Ramadan, sehingga masalah ini muncul. Namun, karena sumber gas Pertamina Gas Sumut dari Arun Natural Gas Liquefaction, Kabupaten Aceh Utara maka butuh waktu untuk mengembalikan tekanan
 
“Tetapi, segara kita tangani, kita membuka aliran gas dari Arun untuk menambahkan tekanan ke PLN. Arun cukup jauh dari Belawan, jadi untuk meningkatkan tekanan ke PLN tidak bisa segera, butuh waktu. Tetapi, masalah tidak ada di Pertamina,” kata Asisten Manajer Operasi Pertamina Gas Sumut Ramses J Napitupulu.

Baca Juga: Listrik Padam saat Sahur dan Tarawih, Pemprov Akan Panggil PLN

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya