Kesadaran Bermasker Masih Rendah, 111 Warga Medan Terciduk Razia

Jumlah kasus COVID-19 di Medan terus meningkat

Medan, IDN Times – Kasus COVID-19 di Sumatra Utara terus meningkat. Khususnya di Kota Medan sebagai episentrum kasus. Namun kondisi ini tidak dibarengi kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan.

Razia masker terus dilakukan. Sudah banyak yang terjaring, namun masih banyak juga yang membandel.

Dalam razia yang digelar di Terminal Amplas, Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, Senin (24/8/2020) masih ditemukan masyarakat yang melakukan pelanggaran. Sebanyak 111 warga terjaring razia karena tidak menggunakan masker.  

Razia ini digelar guna menegakkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi COVID-19 di Kota Medan serta Peraturan Gubernur (Pergub) Pemprov Sumut Nomor 34 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara.

1. Petugas sita KTP hingga berikan hukuman fisik

Kesadaran Bermasker Masih Rendah, 111 Warga Medan Terciduk RaziaPetugas memberikan masker kepada warga Medan yang membandel tidak memakai masker. (Istimewa)

Dari razia itu, petugas menemukan pengendara dan pejalan kaki tidak menggunakan masker. Warga yang kedapatan tidak mengenakan masker didata. Kemudian petugas menyita KTP pelanggar.

“Bagi warga yang KTP-nya ditahan diberikan Surat Berita Acara penanganan kartu identitas sebagai bukti untuk ditunjukkan pada saat pengambilan KTP di Kantor Satpol PP Kota Medan usai penahanan selama 3 hari,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Penertiban Umum Satpol PP Medan Reyes Sihombing.

Warga yang tidak membawa kartu identitas diberikan hukuman fisik. Mereka harus melakukan push up, squat jump dan melafalkan pancasila.

Baca Juga: Ziarah ke Pemakaman COVID-19 Bayar APD, Pansus: Jadi Berdagang Pula?

2. Petugas kemudian memberikan masker gratis dan imbauan lisan

Kesadaran Bermasker Masih Rendah, 111 Warga Medan Terciduk RaziaPetugas merazia warga yang tidak mengenakan masker. (Istimewa)

Petugas pun memberikan masker gratis kepada para pelanggar aturan. Mereka juga memberikan imbauan lisan soal pentingnya pencegahan COVID-19.

"Kami minta warga taat dan patuh terhadap anjuran yang disampaikan. Ini demi kebaikan kita bersama. Sebab, dibutuhkan komitmen dan partisipasi aktif dari kita semua untuk memerangi virus COVID-19 ini. Jangan lupa pakai masker untuk melindungi diri dan orang lain," ucapnya.

3. Angka COVID-19 di Sumut tembus 6.166 kasus

Kesadaran Bermasker Masih Rendah, 111 Warga Medan Terciduk RaziaBTKLPP kelas I Medan lakukan tes swab di Pendopo USU Medan (IDN Times/IDN Times)

Informasi yang dihimpun, saat ini angka kasus di Sumut tembus mencapai 6.166 orang. Angka ini terus mengalami peningkatan secara bertahap.

Angka kesembuhannya pun meningkat. Berada di angka 3.204 orang atau bertambah 65 orang dari hari sebelumnya.

Jumlah korban yang meninggal juga mengalami peningkatan. Bertambah 6 orang menjadi 280 orang. Untuk pasien suspek yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumatera Utara berjumlah 606 orang. Aparat terkait juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap 34.225 sampel spesimen di Sumut.

Baca Juga: Kok Bisa Ya? 10 Potret Kocak Tak Terduga di Acara TV yang Bikin Ngakak

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya