Kebakaran Medan Belawan, 4 Orang Sekeluarga Terbakar di Dalam Rumah

5 rumah dilaporkan hangus

Medan, IDN Times – Api melahap habis lima rumah di kawasan penduduk, di Jalan Cilacap Barat, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (4/8/2022) subuh.  

Empat orang dilaporkan meninggal dunia dalam kejadian itu. Mereka merupakan satu keluarga yang terjebak di dalam rumah.

1. Kebakaran diduga dipicu kebocoran gas

Kebakaran Medan Belawan, 4 Orang Sekeluarga Terbakar di Dalam RumahIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, Albon Sidauruk menduga kebakaran itu dipicu dari kebocoran gas.

Sebelum terjadi peristiwa kebakaran itu, korban sempat melakukan aktivitas masak di dapur rumahnya.

"Dugaan dari keterangan anggota di lapangan berasal dari kompor gas, kebocoran (tabung) gas lah. Makanya, cepat merebak api. Kalau dugaan dari anggota kita, ada aktivitas masak,” kata Albon.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Terduga Koordinator Teroris Wilayah Aceh

2. Lima rumah ludes terbakar, korban meninggal dunia karena terjebak

Kebakaran Medan Belawan, 4 Orang Sekeluarga Terbakar di Dalam RumahIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Lima rumah dilaporkan habis terbakar. Empat orang korban meninggal dunia masih punya hubungan darah.

Keempat korban meninggal dunia itu, yakni Hamidah (75), Yafizam (50), Winda (46) dan M Zulham (15). Sedangkan, korban mengalami luka-luka dalam peristiwa kebakaran itu, yaitu Lisa (50) dan Mutiara (20).

Albon menjelaskan kalau korban meninggal pasangan suami-istri, ibu mertua dan seorang anak. Sedangkan, dua anggota lainnya berhasil menyelamatkan diri keluar dari jendela rumah.

"Dari data diperoleh anggota kita berdasarkan keterangan tetangganya, korban tidak bisa menyelamatkan diri karena pintunya terkunci. Kuncinya tidak lengket di pintu. Sehingga mereka panik mencari kunci," tutur Albon.

3. Pemadaman dibantu TNI AL

Kebakaran Medan Belawan, 4 Orang Sekeluarga Terbakar di Dalam RumahIlustrasi penanganan kebakaran oleh pemadam kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Pihak damkar Medan menerjunkan delapan armadanya untuk memadamkan api. Mereka juga dibantu mobil pemadam dari TNI AL di Belawan.

Api begitu cepat merambat. Lantaran lima rumah itu dalam kondisi berdempetan.

Kini, kasus kebakaran itu, tengah dilakukan penyelidikan oleh petugas kepolisian dari Polres Pelabuhan Belawan dan Polsek Medan Belawan untuk mengetahui persis penyebab kebakaran.

"Sedangkan, empat korban tewas kita evakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Pelindo, di Belawan," ucap Albon.

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan Danau Toba, 85 Hektare Ludes Dilalap Api

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya