Kebakaran di Nias Ludeskan 14 Bangunan, Rumah Sekda Hangus

Api diduga dari bengkel

Nias, IDN Times – Kebakaran hebat melanda pemukiman di Jalan Diponegoro, Desa Tetehosi, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias, Sumatra Utara Selasa (24/11/2020) malam. Kebakaran itu menghanguskan 14 bangunan.

Di antara 14 unit rumah dan ruko yang terbakar, salah satunya adalah rumah milik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias, Firman Yanus Larosa.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 23.45 Wib. Adapun bangunan yang terbakar terdiri dari rumah tempat tinggal, toko grosir dan bengkel,” ucap Paur Subbag Humas Polres Nias, Aiptu Yadsen F. Hulu, Rabu (25/11/2020).

1. Api diduga berasal dari salah satu bengkel

Kebakaran di Nias Ludeskan 14 Bangunan, Rumah Sekda HangusIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Penyelidikan sementara menyebutkan sumber api diduga berasal dari satu rumah bengkel. Menurut keterangan saksi yang melihat bernama Ibezaro Saoiago pada saat itu sedang melakukan piket jaga di Kantor Pegadaian tepat di depan rumah bengkel Ama Gibran Zebua yang diduga sebagai sumber api.

“Saksi melihat ada api yang menyala di bengkel Ama Gibran Zebua yang terlihat melalui celah dinding kayu. Tak lama, saksi mendengar Ama Iman berteriak minta tolong bahwa ada api di rumah Ama Gibran. Selanjutnya Ama iman zebua  menyuruh anaknya memanggil Ama Gibran untuk membuka bengkel dan berusaha memadamkan api yang membakar tempat itu,” ucap Aiptu Yadsen.

Baca Juga: Libur ke Nias Selatan, 6 Pantai Ini Wajib Kamu Kunjungi

2. Api terus menjalar dan menghabiskan bangunan lainnya

Kebakaran di Nias Ludeskan 14 Bangunan, Rumah Sekda HangusIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Karena keterbatasan alat pemadam, api terus membesar. Hingga api menyambar ke rumah bengkel lainnya. Sehingga, terjadi ledakan besar di bengkel las milik Ama Ardian.

“Selanjutnya api menjalar ke sebelah rumah lainnya. Ditambah pada saat terjadinya kebakaran angin sangat kencang sehingga api makin membesar dan susah dipadamkan,” urai Yadsen.

3. Pemerintah siapkan penanganan dampak kebakaran

Kebakaran di Nias Ludeskan 14 Bangunan, Rumah Sekda HangusIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Tak lama kemudian, sejumlah mobil Damkar milik Pemda Kab. Nias tiba di lokasi dan melakukan pemadaman dibantu masyarakat dan TNI / POLRI.

"Sekira pukul.02.30 wib, api berhasil di padamkan namun sekira 14 unit Rumah telah ludes terbakar,” terang Yadsen.

“Material rumah rata-rata terbuat dari kayu atau semi permanen sehingga memicu api makin besar. Untuk korban jiwa nihil, kerugian materil ditaksir milyaran rupiah,”ujar Yadsen.

Saat ini, Pemerintahan Desa Tetehosi sudah menyiapkan sembako untuk keluarga korban kebakaran. Muspika Kecamatan Idanogawo juga telah membuat posko bantuan.

Baca Juga: 3 Bersaudara Korban Kecelakaan di Simalungun Dimakamkan Satu Liang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya