Hati-hati Mudik Naik Sepeda Motor, Ini 5 Alasannya

Tingkat risiko keselamatannya jauh lebih tinggi

Medan, IDN Times – Mudik menggunakan sepeda motor bukanlah hal yang disarankan. Namun kendaraan ini seakan jadi favorit untuk para pemudik di setiap tahunnya.

Ramadan sudah memasuki pekan kedua. Musim mudik juga sudah akan masuk sebentar lagi.

Bagi pemudik, lebih baik dipertimbangkan lagi jika harus mudik menggunakan sepeda motor. Apalagi harus menempuh jarak ratusan kilometer dan membawa keluarga.

Simak nih, ruginya mudik naik motor yang berhasil dirangkum tim IDN Times.

1. Tidak bisa membawa muatan yang banyak

Hati-hati Mudik Naik Sepeda Motor, Ini 5 AlasannyaANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Sepeda motor adalah kendaraan yang bisa menampung dua orang. Namun saat mudik kita selalu melihat, banyak orang yang membawa beban berlebih.

Biasanya pemudik membawa serta anak dan istrinya  di sepeda motor. Duh, kita bayangin jika sepeda motor harus menampung beban  dua sampai tiga bahkan lebih.

Belum lagi barang bawaan untuk mudik. Oleh-oleh, pakaian atau pun yang lainnya yang terkadang diset agar bisa dibawa ke kendaraan. Itu sangat tidak disarankan karena bisa membahayakan keseimbangan pengendara motor.

Baca Juga: Harimau Serang Dokter Hewan saat akan Dievakuasi dari Jerat

2. Tidak aman apalagi untuk perempuan hamil

Hati-hati Mudik Naik Sepeda Motor, Ini 5 Alasannyapexels.com/ pixabay

Jika istri sedang hamil, mudik menggunakan sepeda motor sangat-sangat tidak disarankan. Karena sepeda motor belum tentu memberikan kenyamanan untuk perempuan hamil.

Jangan sampai aksi nekatmu membawa istri yang sedang hamil membawa ke arah malapetaka. Lebih baik, pilih cara mudik dengan moda transportasi aman. Mudik aman, si jabangbayi dalam rahim juga nyaman.

3. Cuaca juga jadi ancaman pemudik sepeda motor

Hati-hati Mudik Naik Sepeda Motor, Ini 5 AlasannyaUnsplash.com/ Erik Witsoe

Cuaca di Indonesia sedang sudah ditebak. Terkadang hujan, terkadang juga panas. Ini dianggap tidak baik untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. Karena cuaca juga mempengaruhi kefokusan pengendara.

Misalnya, cuaca sangat terik. Pengendara juga sedang berpuasa. Dengan turunnya kadar cairan tubuh pasti berpengaruh pada fokus pengendara.

Saat cuaca hujan juga sangat berpengaruh.Meski sudah memakai jas hujan atau pun jaket, namun jalanan yang licin karean hujan kadang diabaikan pengendara. Silap sedikit saja, ban bisa selip. Potensi kecelakaannya menjadi lebih tinggi.

4. Rentan kejahatan jalanan

Hati-hati Mudik Naik Sepeda Motor, Ini 5 AlasannyaHukum dan Kriminal

Pemudik dengan segala barang bawaannya berpotensi memancing kejahatan jalanan. Kawanan begal yang kadang tidak melihat waktu dalam beroperasi bisa saja sudah mengintai kita.

Alih-alih  berlebaran di kampung halaman, malah berakhir di rumah sakit. Kehilangan harta dan benda bahkan nyawa. Lebih baik pikir ulang deh jika harus mudik dengan sepeda motor.

5. Sepeda motor masih rawan kecelakaan

Hati-hati Mudik Naik Sepeda Motor, Ini 5 AlasannyaDok. IDN Times/Istimewa

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumut, Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto mengatakan, pada 2021 pihaknya mengeluarkan 88 surat tilang dan 7.264 teguran kepada pelanggar lalu lintas.

"Sementara tahun 2020 untuk surat tilang nihil diberikan, teguran sebanyak 4.754," kata Indra, Rabu (20/4/2022). 

Untuk kasus kecelakaan, disebutkan Indra terjadi penurunan, baik dari jumlah kasus maupun korban. Di 2020 jumlah kecelakaan yang terjadi sebanyak 140 kasus dengan korban meninggal dunia 29 orang, luka berat 49 orang, dan luka ringan 164 orang.

"Sedangkan tahun 2021 jumlah kecelakaan ada 71 kasus, meninggal dunia 12 orang, luka berat 27 orang, dan luka ringan 88 orang," sebutnya.

Sebagian besar korban kecelakaan adalah pengendara sepeda motor.

Paling banyak kecelakaan juga disebabkan karena faktor kelalaian pengendara. Artinya, mudik menggunakan sepeda motor memang tidak disarankan.

Bagi masyarakat yang ingin mudik, lebih baik pikirkan lagi alternatif lainnya yah. Jangan sampai, salah pilih kendaraan mudik malah berakibat fatal. Lebaran pun menjadi batal.

Baca Juga: [BREAKING] Sumur SMGP Diduga Kembali Bocor, Belasan Warga Dibawa ke RS

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya