Harimau Sumatera Terkam Ternak Warga, Masyarakat Diminta Waspada

Sudah empat ternak warga dimangsa

Medan, IDN Times – Harimau Sumatera muncul di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Terbukti dari sejumlah ternak warga yang dimangsa.

Kemunculan harimau terjadi di Desa Perkebunan Hapesong, Kecamatan Batang Toru. Warga pun dibuat geger. Aparat dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut langsung turun ke lapangan untuk melakukan penyelidikan.

1. Sudah empat ternak warga jadi mangsa harimau

Harimau Sumatera Terkam Ternak Warga, Masyarakat Diminta WaspadaIlustrasi Harimau (Blake Meyer/Unsplash)

Kepala Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidimpuan Gunawan Alza menjelaskan, sudah ada empat ekor ternak warga yang dimangsa. Harimau memangsa ternak pada Selasa (26/11).

“Warga menemukan dua ekor sudah dalam keadaan mati, sedangkan dua lagi dalam keadaan sekarat, lalu disembelih," kata Gunawan kepada wartawan, Kamis (28/11).

Baca Juga: Sudah 4 Kali Memangsa Sapi, Harimau Sumatera Bikin Resah Warga Langkat

2. Tim BBKSDA pasang kamera perangkap

Harimau Sumatera Terkam Ternak Warga, Masyarakat Diminta WaspadaIlustrasi Harimau (Joshua Lee/Unsplash)

Tim dari BBKSDA Sumut langsung bergerak ke lokasi. Mereka mengumpulkan informasi terkait kemunculan. Tim juga memasang kamera perangkap.

"Ditemukan jejak harimau, jejak besar. (Diperkirakan) Harimau dewasa. Sejauh ini diperkirakan satu ekor," kata Gunawan.

3. Masyarakat harus tetap waspada

Harimau Sumatera Terkam Ternak Warga, Masyarakat Diminta WaspadaHarimau Sumatera terpantau lewat kamera trap (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kini aparatur setempat juga terus bersosialisasi kepada warga. Mereka meminta warga agar jangan panik dan meningkatkan kewaspadaan.

Warga diminta pulang dari kebun sebelum pukul 17.00 WIB. "Kalau ke kebun jangan sendirian, dan membuat bunyi-bunyian jika mencurigai keberadaan harimau," pungkasnya.

Baca Juga: Harimau Sering Keluar Hutan, Warga Diminta Kandangkan Hewan Ternak

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya