Harimau Evakuasi dari Langkat Dibawa ke Medan Zoo, BBKSDA Bungkam

Harimau dievakuasi karena makan sapi warga

Medan IDN Times – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut dikabarkan melakukan evakuasi terhadap harimau sumatra yang memangsa sapi milik warga, Dusun Sei Sirah, Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Rabu (31/8/2022).

Evakuasi dilakukan setelah sang raja hutan masuk kandang jebak yang dipasang. Kemunculan harimau sendiri diketahui pada Senin (29/8/2022) siang lalu.

1. BBKSDA bungkam soal lokasi evakuasi

Harimau Evakuasi dari Langkat Dibawa ke Medan Zoo, BBKSDA BungkamKanti Marama, Harimau Sumatra yang diselamatkan BKSDA Sumbar dari perkebunan PT Pasaman Marama Sejahtera berada di dalam kandang jebak. IDN Times/Andri NH

Informasi yang dihimpun, harimau sumatra itu dibawa ke Kota Medan. Para jurnalis mencoba menelusuri di mana lokasi evakuasi harimau itu. Namun, sayang pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut juga bungkam.

Kasubbag Data, Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumut Andoko Hidayat yang dikonfirmasi soal detil penempatan harimau sumatra itu, juga tidak memberikan jawaban.

Baca Juga: Terkam Lembu, Harimau Sumatra Tak Roboh Meski Ditembak Bius Empat Kali

2. Harimau ditempatkan di Medan Zoo

Harimau Evakuasi dari Langkat Dibawa ke Medan Zoo, BBKSDA BungkamGadis, harimau korban konflik yang sudah melahirkan lima anak di Sanctuary Harimau Barumun, Padanglawas Utara, Sumut. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Penelusuran IDN Times, harimau itu dievakuasi ke Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) di kawasan Simalingkar, Kota Medan. Informasi ini juga dibenarkan oleh Manajer Medan Zoo Pernius Harefa.

"Benar. Titipan BKSDA hanya observasi sementara. . Utk keterangan s lanjutnya melalui BKSDA. Ditempatkan di tempat khusus (kandang preventif khusus harimau)," ujar Pernius, Rabu (31/8/2022) malam. 

Pernius enggan mengonfirmasi lebih lanjut. Dia meminta IDN Times menghubungi BBKSDA Sumut. 

Beredar kabar, harimau itu akan diobservasi oleh sejumlah dokter hewan selama di sana. Namun belum ada informasi lanjut, apakah harimau malang itu hanya sementara berada di sana atau malah menjadi koleksi di sana.

3. Harimau terpaksa dievakuasi setelah mangsa sapi milik warga

Harimau Evakuasi dari Langkat Dibawa ke Medan Zoo, BBKSDA BungkamTernak yang dilepaskan warga di perkebunan memicu harimau Sumatra menjadikannya mangsa empuk. Kawasan perkebunan warga berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan habitat harimau. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kemunculan harimau sendiri diketahui pada Senin (29/8/2022) siang kemarin. Kepala Seksi Wilayah II BBKSDA  Sumut Helbert Aritonang, tim dari petugas BKSDA sempat bertemu dengan Harimau itu dan menembaknya dengan bius. Sebanyak 4 tembakan bius berhasil mengenai tubuh harimau. Namun harimau tidak tumbang.

Padahal, tim berharap Harimau Sumatra, roboh sehingga dapat dikembalikan ke dalam hutan. "Kuat kali tubuh Harimau Sumatra, meski 4 kali ditembak dan kena, tapi tidak tumbang," kata Herbert.

Akhirnya tim memasang kandang jebak di sekitar lokasi. Hingga akhirnya harimau itu dievakuasi.

Baca Juga: Marak Perdagangan Satwa Dilindungi, Spesies Kunci Seakan Tak Berarti

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya