Gempa Mentawai, Warga Nias Selatan Sempat Mengungsi

Potensi kerusakan dampak gempa masih dikaji

Medan, IDN Times- Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,9 (sebelumnya 7,3) mengguncang Kepulauan Mentawai, Selasa (25/4/2023). Data peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat menginformasikan gempa berpotensi tsunami.

Tsunami memang sempat terjadi dengan ketinggian 11 cm. Gempa juga dirasakan di sejumlah daerah. Cukup kuat dirasakan di Pulau Tanabala, Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara.

1. Warga sempat mengungsi karena ada pengumuman potensi tsunami

Gempa Mentawai, Warga Nias Selatan Sempat MengungsiIlustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Nias Selatan Epaproditus Dachi menjelaskan saat gempa, warga sempat mengungsi. Mereka mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi. Sebab, informasi dari BMKG, gempa berpotensi tsunami

"Kondisi saat ini, aman dan terkendali. Tadi malam (dini hari) sempat panik juga. Ada peringatan dini Tsunami dari BMKG melalui WhatpApss Grup," sebut Epaproditus kepada awak media.

Saat ini warga dikabarkan sudah kembali ke rumah masing-masing. BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Mentawai, Tsunami Terjadi di Tana Bala Nias Selatan 

2. Gempa dirasakan cukup kuat

Gempa Mentawai, Warga Nias Selatan Sempat MengungsiIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Kata Dachi, gempa dirasakan cukup kuat. Dia membandingkan dengan gempa di Kota Padangsidimpuan beberapa waktu lalu yang berkekuatan hampir sama.

"Gempanya terasa banget, informasi saya dapat (guncangan) lebih kuat, ketimbang kejadian di Sidempuan kemarin," ungkapnya.

Saat ini, pihaknya terus melakukan imbauan agar warga tidak panik saat terjadi gempa. "Saat ini, kita lakukan berupa himbauan saja, agar tetap waspada dan jangan panik, apa bila gempa susulan. Harus waspada, pada masyarakat dekat pantai. Harus mengikuti informasi yang jelas dari BMKG," kata Dachi.

3. Belum ada laporan kerusakan bangunan

Gempa Mentawai, Warga Nias Selatan Sempat MengungsiIlustrasi gempa seismograf (IDN Times/Sukma Shakti)

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan terkait potensi kerusakan akibat gempa.

"Sampai saat belum ada laporan kerusakan rumah warga. Tapi, tetap kami cek ke lokasi menggali informasi. Dampaknya, belum ada," pungkasnya.

Baca Juga: Gempa Mentawai, Getaran Dirasakan Sampai ke Mandailing Natal

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya