Dua Dusun di Kaki Bukit Barisan Akhirnya Dapat Listrik PLN

PLN gelontorkan investasi Rp1,6 miliar

Deli Serdang, IDN Times - Kepala Desa Negeri Gugung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang Enda Temanta Ginting mengucap syukur. Akhirnya, dua dusun di desa yang dipimpinnya, dilistriki oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatra Utara.

Dua dusun itu adalah Negeri Suah dan Negeri Gugung. Lokasinya berada di kaki Bukit Barisan. 56 kilometer di selatan Kota Medan dengan kondisi geografis perbukitan melewati jalan tanah perkebunan sejauh 8 kilometer.

1. Sebelumnya dua daerah itu memanfaatkan listrik dari kincir air

Dua Dusun di Kaki Bukit Barisan Akhirnya Dapat Listrik PLNANTARA FOTO/Basri Marzuki

Kata Enda, selama ini masyarakat di Dusun Negeri Gugung dan Negeri Suah menggunakan listrik dari kincir air konvensional. Daya listrik yang dihasilkan dari kincir itu juga terbatas. Seluruh pengelolaan ketenagalistrikan di sana dikelola dengan swadaya masyarakat.

“Sebelum ini kami memakai listrik dari kincir air sederhana sehingga pemakaiannya terbatas, tidak bisa menggunakan alat-alat listrik berdaya besar. Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah dan PLN atas masuknya listrik ke Dusun kami ini,” ujar Enda.

Baca Juga: Soal Sekolah Tatap Muka di Sumut, Gubernur Edy: Tanya Sama Tuhan!

2. PLN investasikan dana hingga Rp1,6 miliar untuk 80 rumah tangga

Dua Dusun di Kaki Bukit Barisan Akhirnya Dapat Listrik PLNIlustrasi. Perbaikan listrik di Palu (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Untuk melistriki 80 pelanggannya di du  daerah itu, PLN menginvestasikan Rp 1,6 miliar. Dengan kata lain, PLN menginvestasikan Rp 20 juta per pelanggan yang dilistriki.

Untuk melistriki 80 pelanggan di kedua dusun tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,66 kilometer sirkuit (kms), 2,62 kms jaringan Tegangan Rendah (JTR) serta dua buah gardu distribusi dengan daya total 150 kilo volt ampere (KVA).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) Pandapotan Manurung mengatakan bahwa penyalaan listrik tersebut merupakan bagian dari langkah PLN dalam mewujudkan keadilan energi di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

“Sebagai badan usaha pengelola kelistrikan nasional, PLN terus menjalankan anamah negara untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya penyambungan listrik di daerah yang sulit terakses melalui program Listrik Pedesaan,” ujar Pandapotan, dalam keterangan resminya, Kamis (3/6/2021).

3. Sebanyak 6.029 desa di Sumut sudah dilistriki PLN

Dua Dusun di Kaki Bukit Barisan Akhirnya Dapat Listrik PLNIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Catatan PLN Sumut, sejak Januari-Mei 2021, PLN telah berhasil melistriki 13 Desa di Sumatera Utara.

“Secara total hingga Mei 2021, sebanyak 6.029 desa di Sumatera Utara telah menikmati listrik PLN,” imbuhnya.

Total jumlah desa di Sumatra Utara berdasarkan data BPS Sumut tahun 2019 sebanyak 6.132 desa. Artinya tersisa 103 desa lagi yang belum dialiri listrik oleh PLN. 

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk dapat turut menjaga keandalan pasokan listrik yang tersedia dengan cara menjaga aset atau jaringan listrik PLN dari gangguan berupa tanaman atau pepohonan.

Baca Juga: Vaksinasi Massal Bikinan Wali Kota Bobby Nasution Picu Kerumunan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya