Diserang Virus Hog Cholera, 4 Ribu Ekor Babi di Sumut Mati

10 ribu vaksin disebar untuk cegah virus semakin merebak

Medan, IDN Times – Fenomena bangkai babi yang terapung di Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan menjadi perhatian serius. Bangkai babi itu diduga dibuang oleh peternak yang tidak bertanggung jawab.

Fenomena kematian babi di Sumut, memang marak terjadi dalam beberapa pekan belakangan. Penyebabnya karena virus kolera babi atau Hog Cholera.

Pemerintah Provinsi Sumut lewat Dinas Peternakan sudah melakukan sosialisasi kepada para peternak. Namun para peternak tetap saja membandel dengan membuang bngkai babi yang terjangkit virus.

1. Sebanyak 4.047 ekor babi di Sumut mati karena Hog Cholera

Diserang Virus Hog Cholera, 4 Ribu Ekor Babi di Sumut MatiCamat Medan Marelan M Yunus mengevakuasi bangkai babi ke daratan dengan alat seadanya (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut M Azhar Harahap menjelaskan memastikan, fenomena kematian babi ini disebabkan virus kolera. Virus ini pun mewabah di sejumlah daerah.

Ada 11 Kabupaten yang diperkirakan terjangkit. Antara lain di Kabupaten Dairi, Humbang Hasundutan, Deli Serdang, Karo, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Samosir dan Kota Medan. Sebanyak 4.047 ekor babi yang mati karena virus kolera sejak September 2019.

“Yang paling banyak di Dairi,” kata Azhar, Selasa (5/11).

Baca Juga: Banyak Bangkai Babi di Aliran Sungai Bedera Marelan, Kok Bisa?

2. Peternak masih malas tanam bangkai babi yang terjangkit virus

Diserang Virus Hog Cholera, 4 Ribu Ekor Babi di Sumut MatiIDN Times/Istimewa

Bangkai babi di Danau Siombak dan Sungai Bedera menunjukkan masih kurangnya kesadaran para peternak dalam menangani babi yang terjangkit. Seharusnya, kata Azhar, babi yang mati karena terjangkit ditanam agar persebaran virus bisa dicegah.

 “Itu karena malas peternaknya menanam bangkai babinya. Sehingga membuangnya dan menimbulkan penyebaran virus lebih cepat,” kata Azhar.

Padahal pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para peternak. Supaya bangkai babi yang mati ditanam.

3. 10 ribu vaksin disebar untuk cegah virus semakin merebak

Diserang Virus Hog Cholera, 4 Ribu Ekor Babi di Sumut Mativerywellhealth.com

Untuk melakukan pencegahan, pihaknya juga sudah melakukan vaksinasi. Dinas Peternakan sudah memberikan bantuan 10 ribu vaksin kepada peternak di Sumut.

“Itu yang divaksin babi yang masih sehat. Kalau yang sudah sakit makin cepat matinya. Untuk Hog Cholera itu tidak bisa diobati. Karena itu dari virus. Peternak harus  menjaga kebersihan kandang, memberikan vitamin kepada ternak,” pungkasnya.

Baca Juga: Camat Marelan Naik Perahu Cari Pembuang Bangkai Babi di Danau Siombak

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya