Demo Tolak Kenaikan BBM di Medan Ricuh, Jurnalis Dipukuli Satpol PP

Jurnalis diintimidasi supaya tidak merekam kericuhan

Medan, IDN Times – Kekerasan terhadap jurnalis kembali terjadi di Kota Medan. Seorang jurnalis mendapat tindakan pemukulan dari oknum Satuan Polisi Pamong Praja yang berdinas di Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara.

Bermula saat Ahmad Arfah, Jurnalis Detikcom, yang tengah meliput unjuk rasa menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di gerbang Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jumat (7/5/2021) sore. Aksi itu berujung pada kericuhan.

Baca Juga: Bus Antar Kota Tak Beroperasi, Taksi Gelap di Siantar Mulai Menjamur

1. Arfah dihalangi saat merekam video, tangannya didorong

Demo Tolak Kenaikan BBM di Medan Ricuh, Jurnalis Dipukuli Satpol PPIlustrasi demonstrasi/gosulsel.com

Kericuhan bermula saat aparat keamanan membubarkan massa. Satpol PP menangkapi massa. Saat itu Ahmad Arfah tengah merekam peristiwa itu.

“Tadi awalnya saya merekam video massa mulai sebagian massa dibawa ke mobil polisi, ada yang dibawa masuk ke pos satpol PP di dalam rumah dinas gubernur,” ujar Arfah.

Saat itu, tiba-tiba tangan Arfah yang tengah memegang kamera ponsel didorong oleh petugas diduga protokoler di Pemprov Sumut.

“Tanganku yang sedang memvideokan proses pengamanan di dorong sama petugas protokol agar tidak terus memvideokan," katanya.

2. Arfah didorong keluar pagar, kepalanya dipukul Satpol PP

Demo Tolak Kenaikan BBM di Medan Ricuh, Jurnalis Dipukuli Satpol PPIlustrasi petugas Satpol PP. IDN Times/Paulus Risang

Arfah kemudian didorong keluar pagar oleh Satpol PP. Saat itu juga tiba-tiba ada yang memukul kepala bagian belakang Arfah. Akibat pukulan itu, Arfah mengalami pusing di bagian kepala.

“Cukup keras. Pelaku diduga dari satpol PP yang berjaga," sambungnya.

3. Arfah saat ini dibawa ke klinik

Demo Tolak Kenaikan BBM di Medan Ricuh, Jurnalis Dipukuli Satpol PPIlustrasi Klinik (unsplash.com/Martha Dominguez de Gouveia)

Sampai saat ini Arfah masih merasakan sakit di kepalanya. Sejumlah jurnalis membawanya ke klinik untuk memeriksakan dampak dari pemukulan itu.

“Ini kondisi masih sakit. Saya ke kliniki untuk memeriksakan kondisi lukanya,” pungkasnya.

Baca Juga: Ustaz Somad Menikah Lagi, 10 Potret Mellya Juniarti Mantan Istrinya 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya