Comscore Tracker

Bupati Madina Mundur, NasDem : Itu Persoalan Pribadi Beliau

NasDem tetap ingin Dahlan terus memimpin Madina

Medan, IDN Times – Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution ternyata adalah kader Partai NasDem. Saat ini dia juga menjabat sebagai Dewan Pertimbangan NasDem Kabupaten Mandailing Natal.

Berhembus kabar jika mundurnya Sang Bupati karena perolehan suara Jokowi –Ma’ruf di Madina anjlok. Namun belum ada persentase soal perolehan suara Jokowi-Ma’ruf di sana. Laman pemilu2019.kpu.go.id menunjukkan perolehan suara Jokowi-Ma’ruf hanya 20,01 persen per hari ini pada pukul 16.45 WIB. Terpaut jauh dari pasangan Prabowo-Sandi yang berada di angka 79,99 persen. Data ini berdasarkan input 160 dari 1.326 TPS di Madina atau 12,07 persen.

Pada Pemilu 2014, Jokowi memang kalah telak. Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla hanya mampu meraup suara 23,87 persen. Sedangkan Prabowo-Hatta Rajasa meraup 76,13 persen suara di Madina.

1. NasDem tidak ikut campur soal mundurnya Dahlan Hasan Nasution dari Bupati

Bupati Madina Mundur, NasDem : Itu Persoalan Pribadi BeliauANTARA FOTO/Dziki Oktomauliyadi

Plt Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar ST mengatakan, partainya tidak ikut campur soal mundurnya Dahlan Hasan dari kursi Bupati. Hingga kini Iskandar belum mendapat alasan detail soal mundurnya sang Bupati.

“Itu persoalan pribadi beliau sebagai pejabat negara. NasDem tidak akan ikut campur dalam persoalan ini. Karena ini persoalan pribadi moral dia sebagai seorang bupati,” ujar Iskandar, Minggu (21/4).

Baca Juga: [BREAKING] Isi Suratnya, Bupati Madina Sebut Hasil Pemilu Mengecewakan

2. NasDem tak khawatir elektabilitas menurun karena Dahlan mundur

Bupati Madina Mundur, NasDem : Itu Persoalan Pribadi BeliauDok. IDN Times/Istimewa

Iskandar juga menjelaskan, partainya tidak takut kehilangan elektablitas meski Dahlan yang juga tokoh NasDem di Madina mundur daru jabatan sebagai bupati. Dia menegaskan, NasDem sudah cukup kuat mengakar di Madina.

“NasDem ini secara struktur sudah kuat. Jadi tidak bergantung pada kepala daerah. Kita memang membutuhkan kader yang kepala daerah. Tapi karena struktur kita sudah kuat, kader kita juga kuat,” ujar Iskandar.

3. NasDem ingin Dahlan tetap lanjutkan pemerintahan hingga akhir periode

Bupati Madina Mundur, NasDem : Itu Persoalan Pribadi BeliauIDN Times/Istimewa

Iskandar sudah menghubungi langsung Dahlan ihwal surat bersifat rahasia yang kini beredar luas di lini masa media sosial soal mundurnya laki-laki berusia 61 tahun tersebut. NasDem menginginkan Dahlan tetap menjabat hingga akhir periode.

“Pak Dahlan sangat dicintai masyarakat Madina. Pikiran tenaga dia profesional dia sangat dibutuhkan oleh masyarakat Madina. Kalau bisa dia tetap melanjutkan sebagai Bupati,” ujarnya.

“Dia Bupati berprestasi bagi kami ,” pungkasnya.

4. Pemprov Sumut belum terima kabar pengunduran diri Dahlan

Bupati Madina Mundur, NasDem : Itu Persoalan Pribadi Beliaupixabay.com/pexels

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) belum menerima surat pengunduran diri Dahlan Hasan Nasution dari jabatan Bupati Mandailing Natal (Madina). Mereka masih akan mengonfirmasi informasi itu.

“Yang pertama kami belum lihat secara fisik dan belum menerima ataupun melihat surat itu ya. Kami melihatnya itu melalui WA, kirim-mengirim,” Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Setdaprov Sumut kata Basarin Yunus Tanjung,  Minggu (21/4).

5. Pengunduran diri bupati harus lewati mekanisme

Bupati Madina Mundur, NasDem : Itu Persoalan Pribadi BeliauIDN Times/istimewa

Sampai sekarang Pemoprov Sumut belum mendapat konfirmasi langsug dari Dahlan. Jika dia benar mengundurkan diri, maka harus melewati mekanisme sesuai perundang-undangan.

“Jika itu nanti benar, bisa  disampaikan melalui pimpinan DPRD dan pimpinan DPRD akan mengumumkan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten (Madina),” lanjutnya.

Surat pengunduran diri itu bisa disampaikan atau diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui gubernur. “ Itu diatur dalan Pasal 78 dan 79 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Mengejutkan, Bupati Mandailing Natal Mengundurkan Diri

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You