[BREAKING] Soal Wisata Halal, Menko Luhut: Kenapa Sih Mesti Ribut?

Luhut minta masyarakat tenang

Toba Samosir, IDN Times - Menteri Koordinator Luhut Binsar Panjaitan langsung menjawab saat ditanyai soal hoaks wacana wisata halal Danau Toba yang santer belakangan ini.

Luhut mengatakan jika wacana itu tidak perlu dikembangkan. Karena Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sudah menegaskan tidak pernah mengatakan hal tersebut.

“Kan Pak Gubernur tidak ngomong gitu. Kenapa sih mesti ribut. Sudah lah,” kata Luhut usai meresmikan operasional transportasi daring Grab di Toba Samosir, Jumat (6/9).

Kata dia, lebih baik memikirkan bagaimana pengembangan pariwisata di Danau Toba. “Banyak pekerjaan lain yang lebih penting dari hanya sekadar bicara itu saja,” ungkapnya.

Dia pun berharap seluruh masyarakat khususnya di Danau Toba tidak terpancing dengan wacana bohong itu. “Saya imbau untuk kita, jangan dikembangkan lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membantah jika dirinya pernah berbicara soal konsep wisata halal. Terlebih wisata Syariah di Danau Toba.

Wacana bohong itu terus berkembang dan mendapat protes dari banyak pihak termasuk beberapa elit politik. Bahkan ada wacana berkembang dan menyebut Edy Rahmayadi akan meng-Islamkan Danau Toba.

“Ini adalah hoaks yang sangat jelek. Fitnah yang sangat jelek. Saya Gubernur Sumatera Utara, saya sesadar-sadarnya rakyat saya ini beragam. Karena ada kabupaten yang mayoritas muslim, yang mayoritas nasrani dan itulah yang ada di Sumut,” ujar Edy saat ditemui di DPRD Sumut, Rabu (4/9).

Dalam kesempatan itu, Edy Rahmayadi juga membantah soal penerapan Syariat Islam di Danau Toba. Karena Edy paham betul kawasan Danau Toba mayoritas beragama nasrani.

“Kalau ada orang yang inginkan hal itu, tak sehat itu. Apa sih arti syariah dan halal. Waduh, yang ngomong juga mungkin gak ngerti itu,” tukasnya.

Edy tampaknya juga kecewa dengan wacana selain wisata halal mencuat pula wacana penerapan syariah itu.

“Kabupaten yang mayoritas muslim saja tidak bisa kita lakukan itu. Apalagi itu. Apa anda pernah mendengar saya mau membuat Danau Toba Syariah gitu. Pernah dengar?” tegasnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya