[BREAKING] Jumlah ODP COVID-19 di Sumut Meningkat Drastis

Galakkan social distancing ya, Guys!

Medan, IDN Times – Kondisi perkembangan COVID-19 di Sumatera Utara belum menunjukkan penurunan. Bahkan data Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus mengalami peningkatan drastis pada Minggu (22/3) dibanding satu hari sebelumnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 atau Corona di Sumut melaporkan, ada peningkatan 31,8 persen pada ODP. Jumlah ODP meningkat menjadi 496 orang dari hari sebelumnya hanya 338 orang.

Sementara itu, untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya tetap di angka 48 orang. Begitu juga pasien positif masih 2 orang (1 di antaranya meninggal) dan pasien yang sembuh tetap 3 orang.

Gugus Tugas pun mengimbau kepada orang yang pernah berkontak erat dengan PDP atau pun positif bisa memeriksakan kesehatannya dan melakukan isolasi mandiri di dalam rumah masing-masing.

“ODP terbanyak di Simalungun, ada 60 orang ODP dan yang kecil adalah di Labuhan Batu Utara dan Toba Samosir,” ungkap Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona dr Aris Yudhariansyah.

Sementara itu ada 10 kota yang sampai saat ini belum ditemukan ODP dan PDP. Antara lain, Tebing Tinggi, Samosir, Humbahas, Nias, Nias Utara , Gunung Sitoli, Nias Barat, Sibolga, Madina dan Labuhan Batu Selatan.

“Kita berharap statusnya tetap seperti ini. Supaya kita cepat terbebas dari COVID-19,” pungkasnya.

Hingga saat ini pemerintah terus mnggalakkan social distancing. Warga diimbau tidak keluar dari rumah untuk mengurangi potensi tertular atau menularkan corona. Namun sayangnya imbauan ini belum serius dilakukan masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang masih anggap sepele dengan bahaya corona.

Persebaran virus corona di Indonesia terus mengalami peningkatan. Data terakhir per Minggu (22/3) menunjukkan ada 514 orang yang dinyatakan positif corona. Untuk orang yang berhasil sembuh meningkat menjadi 29 orang dan meninggal 48 orang.

Baca Juga: Dana Penanganan COVID-19 Pemko Medan Lebih Besar dari Pemprov Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya