Banyak Pegawai Terpapar COVID-19, Kampus USU Lakukan Lockdown Ketiga

Jumlah orang yang positif COVID-19 tak mau dibeberkan

Medan, IDN Times – Setelah rektor dan wakil rektor dinyatakan positif COVID-19, kampus Universitas Sumatera Utara (USU) menerbitkan pengumuman lockdown kembali. Penutupan aktifitas di kantor lingkungan USU dilakuan mulai 27 Juli-2 Agustus 2020.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 6877/UN5.1.R/SPB/2020 yang ditandatangani Rektor USU Prof. Runtung Sitepu, Jumat (24/7/2020).

1. Ini adalah kali ketiga USU Lockdown

Banyak Pegawai Terpapar COVID-19, Kampus USU Lakukan Lockdown Ketigausu.ac.id

Pengumaan ini adalah kali ketiganya USU melakukan Lockdown. Catatan IDN Times, USU melakukan Lockdown pertama kali pada 24 Maret hingga 7 April 2020. Saat itu seluruh akses keluar masuk kampus tertutup untuk masyarakat.

Lockdown kedua merupakan perpanjangan dari yang pertama. Dalam Surat Edaran Rektor USU Runtung Sitepu Nomor: 3969/UN5.1.R/KPM/2020 lockdown diperpanjang hingga 31 Mei.

Sama seperti sebelumnya, USU akan meneruskan sistem belajar daring untuk mahasiswa dan Work From Home (WFH) untuk para pegawai.

“Kebijakan ini dilaksanakan setelah mendapat masukan dari Majelis Wali Amanat (MWA)  USU,” ujar Runtung dalam surat edaran terbaru.

Baca Juga: 7 Jenis Foto Ini Gak Boleh Diunggah di Medsos karena Bisa Berbahaya

2. USU Enggan beberkan data jumlah yang terkonfirmasi positif COVID-19

Banyak Pegawai Terpapar COVID-19, Kampus USU Lakukan Lockdown KetigaIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Dalam surat edaran itu, Runtung menyatakan jika sudah banyak yang tertular COVID-19 di lingkungan USU. Bahkan Runtung juga menyatakan sudah ada yang meninggal dunia.

Kepala Kantor Humas Promosi dan Protokoler USU Elvi Sumanti yang dikonfirmasi terkait jumlah tersebut juga enggan membeberkannya.

“Untuk informasi tersebut kami tidak berwenang memberikannya Silahkan ke gugus tugas covid provinsi,” ujar Elvi lewat psan singkat.

Sementara itu Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut yang dikonfirmasi juga tidak mengetahui jumlahnya. Juru Bicara GTPP COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah mengataan pihaknya belum mendapat informasi dari USU.

“Jumlah pastinya tidak dapat info,” ujar Aris singkat.

3. Kondisi rektor saat ini baik-baik saja meskipun terpapar COVID-19

Banyak Pegawai Terpapar COVID-19, Kampus USU Lakukan Lockdown KetigaRektor USU Runtung Sitepu meninjau pelaksanaan UTBK, Minggu (5/7/2020). (Dok. Humas USU)

Rektor USU Runtung Sitepu dinyatakan terpapar COVID-19 beberapa waktu yang lalu.  Runtung diketahui positif COVID-19 setelah pihaknya melakukan tracing terhadap orang yang pernah kontak erat dengan Prof Darma Bakti, Suami WR I Rosmayati yang lebih dahulu teridentifikasi.

Setelah mengetahui Rosmayati terpapar COVID-19, tracing dilakukan terhadap kontak erat hingga Runtung dinytak positif.

Tracing pun diteruskan jika ada kontak erat dengan rektor USU dinyatakan positif COVID-19. Uji COVID-19 dilakukan seefisien mungkin untuk memutus rantai penularan.

Runtung saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah pribadinya. Kesehatannya dalam keadaan baik. Runtung pun memberi kabar kondisinya dalam keadaan baik. Dia termasuk dalam kategori tanpa gejala. Dia juga mengatakan jika keluarganya sudah menjalani uji COVID-19.

"Berdasarkan hasil swab yg diuji menggunakan teknologi PCR di Rumah Sakit USU terhadap Anggota keluarga Rektor USU Prof.Dr. Runtung Sitepu,SH.M.Hum, Isteri Farida Tarigan) 3 orang anak (dr.Yan Indra Fajar Sitepu,Sp.PD (M.Ked.PD.), Faradila Yulistari Sitepu, SH.MH. dan  dan Febrinka Ananda Sitepu, S.Ked), 3 orang menantu (dr.Andi Raga Ginting, Sp.PD.(M.Ked.PD), (K), dr.Halida Rahma Nasution, dan dr.Chairul Andika) serta 2 cucu (Naafa Maisyfa Ginting dan Ranaya Zafira Ginting) yg baru dikeluarkan pukul 16.00 WIB hari ini, Senin, 13 Juli 2020 Alhamdulillah semuanya negatif," kata Runtung lewat pesan singkat beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Viral Foto Indomie Rasa Saksang Babi, Ini Penjelasan Pihak Indofood

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya