Astaga! Setelah Uji Swab, Ternyata 75 PNS Medan Positif Corona

Medan masih jadi penyumbang pasien terbanyak di Sumut!

Medan, IDN Times – Medan masuk ke zona merah penularan COVID-19. Angkanya pun kian membengkak dari hari ke hari.

Uji cepat (rapid test) dan swab tenggorok mulai masif di lakukan. Meskipun belum seluruh masyarakat dilakukan pengujian.

Dengan transmisi lokal yang sangat tinggi, masyarakat masih banyak yang membandel. Tidak patuh untuk memakai masker dan masih sering berkumpul di kerumunan.

1. Rapid dan swab test rutin digelar

Astaga! Setelah Uji Swab, Ternyata 75 PNS Medan Positif CoronaIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Medan pun gencar melaksanakan rapid test massal diikuti tes PCR. Khususnya di jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS yang berdinas di Pemko Medan. Itu sudah dilakukan tiga pekan terakhir.

Dari hasil tes yang dilakukan, tak kurang dari 75 ASN atau PNS yang dinyatakan positif COVID-19 dari total 3.925 ASN Pemkot Medan, personel Kejari, Polrestabes Medan, dan lainnya.

"Dengan hasil reaktif (rapid test) ada 78 dan hasil swab test (positif) ada 75 orang," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Kota Medan Mardohar Tambunan, Jumat (26/6).

2. Uji COVID-19 diprioritaskan untuk PNS pada pelayanan publik

Astaga! Setelah Uji Swab, Ternyata 75 PNS Medan Positif CoronaIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kata Mardohar, ASN yang terpapar COVID-19 umumnya adalah yang berdinas di pelayanan publik. ASN yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Sehingga risiko potensi penularannya sangat tinggi.

Tes massal akan terus berlangsung. Sementara mereka yang positif langsung mendapat perawatan atau pengawasan dari pihak medis dan aparat pemerintahan setempat hingga dinyatakan sembuh.

3. Medan peringkat pertama penyumbang kasus terbanyak di Sumut

Astaga! Setelah Uji Swab, Ternyata 75 PNS Medan Positif CoronaIlustrasi. Seorang petugas posko COVID-19 di Bandara Ahmad Yani saat mengambil sampel darah penumpang pesawat. Fariz Fardianto/IDN Times

Data yang dihimpun dari laman covid19.sumutprov.go.id, Medan masih setia berada di urutan pertama sebagai penyumbang kasus COVID-19 terbanyak dari 33 kabupaten kota yang ada di Sumut. Total kasus hingga hari ini mencapai 895 positif, pasien sembuh 227 orang, meninggal 54 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 120 orang.

Setelah Kota Medan, Deli Serdang menempati posisi kedua dengan 175 kasus. Disusul Simalungun 67 kasus, Pematang Siantar 54 kasus dan Binjai 22 kasus.

Baca Juga: [UPDATE] Rekor 24 Jam, Angka Pasien Sembuh COVID-19 di Sumut 64 Orang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya