Akhyar Singgung Soal Pemain Baru di Pilkada Medan, Siapa?

Soal protokol kesehatan jadi sorotan

Medan, IDN Times – Dua pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan menghadiri Deklarasi Damai Pilkada, Hotel Emerald Garden, Kota medan,  Rabu (30/9/2020).

Pasangan nomor urut 01 Akhyar Nasution – Salman dan 02 Bobby Nasution – Aulia Rachman datang bersama beberapa tim pemenangannya. Dalam kesempatan itu, kedua pasangan berkomitmen mendukung Pilkada yang damai.

1. Akhyar singgung soal ‘pemain baru’ dalam Pilkada, siapa?

Akhyar Singgung Soal Pemain Baru di Pilkada Medan, Siapa?Deklarasi Damai Pilkada Medan 2020. (Istimewa)

Usai deklarasi, awak media sudah menunggu kedua calon. Akhyar dalam keterangannya beharap Pilkada bisa berjalan aman tertib dan lancar. Dia juga mengatakan supaya seluruh stakeholder menjalankan fungsinya dalam Pilkada.

“Semua warga Kota Medan dapat menggunakan hak pilihnya secara bebas, merdeka riang, gembira dan dengan hati nuraninya,” ujarnya.

Namun, komentar Akhyar juga bikin terkejut. Dia menyinggung soal pemain baru dalam Pilkada Medan.

"Dan kita tidak berharap adanya pemain baru dalam Pilkada kali ini," tegasnya tanpa ingin merinci lebih lanjut pemain baru yang dimaksud.

Sayangnya, ketika ditanyai soal pemain baru yang dimaksud, sang petahana enggan menjawab. Dia diam dan meninggalkan awak media.

Baca Juga: Akhyar Yakin 100 Persen Menang, Bobby Tak Pikirkan Nomor Urut

2. Bobby-Aulia juga komitmen kawal Pilkada damai

Akhyar Singgung Soal Pemain Baru di Pilkada Medan, Siapa?Salah satu Pasangan Calon Pilkada Kota Medan, Bobby Nasution dan Aulia Rachman (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Sementara itu, kubu Bobby – Aulia juga komitmen untuk menjaga Pilkada damai. Dia juga mengimbau supaya semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan selama proses Pilkada.

“Saya dan Bang Aulia, semua komitmen dan akan kita lakukan. Menjaga kondusifitas dan mendukung protokol kesehatan,” ujar Bobby.

3. Soal protokol kesehatan jadi titik tekan dalam komitmen deklarasi

Akhyar Singgung Soal Pemain Baru di Pilkada Medan, Siapa?Deklarasi Damai Pilkada Medan 2020. (Istimewa)

Deklarasi itu dihadiri sejumlah stakeholder. Mulai dari Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik, Dandim 0201/ BS, Ketua Kejari Kota Medan, dan Bawaslu Medan. Selain itu, pimpinan partai pengusung pasangan calon juga hadir dalam kegiatan itu.

Kedua Paslon membacakan dan menandatangani deklarasi damai tersebut. Isinya menyatakan mereka siap membina kerja sama, menjaga persatuan dan kesatuan antarpartai politik, tim kampanye, dan pasangan calon.

Pasangan calon dan partai pendukung dan tim kampanye tidak mudah terprovokasi oleh orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab, menghindari fitnah, adu domba dan pencemaran nama baik sesama partai politik, tim kampanye dan massa pendukung.

Pasangan calon juga siap untuk mengedepankan musyawarah mencapai mufakat, hindari kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara partai politik, tim kampanye dan massa pendukung. Terakhir, mereka sepakat mendukung pemerintah untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, khususnya dalam pelaksanaan Pilkada Kota Medan Tahun 2020, serta konsisten menerapkan adaptasi kebiasaan baru yakni protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca Juga: KPU Resmi Tetapkan Duel Bobby Kontra Akhyar di Pilkada Medan 2020

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya