5 Tahanan BNNP Sumut Kabur, Petugas Dianiaya dan Disiram Air Cabai

Berawal dari ada tahanan yang minta minum

Deli Serdang, IDN Times – Sebanyak lima tahanan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Utara kabur, Minggu (16/5/2021). Mereka berhasil lolos dari ruang tahanan di kantor BNNP Sumut, Jalan Balai Pom Blok A No 1, Medan Estate, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang.

Untuk kabur, para tahanan itu menganiaya petugas. Bahkan petugas yang berjaga juga disiram air cabai.

“Benar, ada lima tahanan yang kabur,” ujar Kepala BNNP Sumut Brigadir Jenderal Atrial, Minggu petang kepada IDN Times.

Baca Juga: Potret Haru Pemilik Klub saat Leicester City Juara Piala FA

1. Berawal dari tahanan yang berteriak minta minum

5 Tahanan BNNP Sumut Kabur, Petugas Dianiaya dan Disiram Air CabaiIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Kelima tahanan yang berhasil kabur antara lain, Rahmat Hidayatulloh alias Muhammad Isbandi, Zulfikar, Muhammad Junaidi, Irwanda, dan Marzuki Ahmad. Mereka berasal dari sejumlah daerah berbeda seperti Kabupaten Batubara, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Bireun, dan Kota Batam. Beberapa dari mereka sudah divonis, sementara yang lainnya masih menunggu proses persidangan.

Kepala Bidang Pemberantasan BNN Sumut Sempana Sitepu menjelaskan, kejadian itu berawal saat ada tahanan yang diduga berpura-pura meminta air minum kepada petugas yang sedang piket jaga.

"Itu ada tahanan yang berteriak minta minum,” ujar Sempana kepada awak media.

2. Petugas jaga dikeroyok dan disiram air cabai

5 Tahanan BNNP Sumut Kabur, Petugas Dianiaya dan Disiram Air CabaiIlustrasi Penganiayaan (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat kejadian, hanya ada dua petugas yang berjaga. Satu petugas berada di luar ruang tahanan. Mendengar ada tahanan yang meminta air, petugas masuk ke ruang tahanan.

Begitu pintu tahanan dibuka, para tahanan kemudian mendobraknya. Mereka mengeroyok petugas tersebut.

"Sempat dianiaya dan disiram air cabai," ungkap Sempana.

Begitu petugas tak berdaya, para tahanan melarikan diri. Aksi ini diduga sudah direncanakan. Lantaran, para tahanan sudah meracik air cabai dan dimasukkan ke dalam botol air mineral. Kemungkinan besar, cabai diperoleh mereka dari sisa-sisa makan yang dijatah untuk para tahanan.

3. BNN lakukan pengejaran, tahanan diminta menyerahkan diri

5 Tahanan BNNP Sumut Kabur, Petugas Dianiaya dan Disiram Air CabaiIlustrasi Napi yang Melarikan Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Di dalam ruang tahanan itu totalnya ada delapan tahanan. Yang berupaya kabur ada enam orang. Namun salah satu tahanan bernama Salim Saragih, berhasil ditangkap. Sementara sisanya tak berhasil karena pintu sel langsung ditutup petugas dengan sigap.

Sampai saat ini, BNNP Sumut masih melakukan pengejaran. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polda Sumut dan BNN di jajaran Sumut.

"Kita meminta mereka untuk menyerahkan diri. Di samping kita melakukan pencarian terus. Minta tolong dengan aparat yang dekat dengan tempat tinggal dia, BNNK, Polsek  di Aceh. Dan juga di Medan minta bantuan dari Direktorat Narkoba Polda Sumut. Mohon doanya," pungkas Sempana.

Baca Juga: Harus Ekstra Sabar, 5 Zodiak yang Paling Susah Dijadikan Pacar

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya