40 Ribu Dosis Vaksin Tiba di Sumut Besok, Nakes Jadi Prioritas

1.500 vaksinator sudah dilatih

Medan, IDN Times – Pandemik COVID-19 masih merebak di Indonesia. Vaksinasi menjadi salah satu upaya melandaikan angka penularan selain kesadaran masyarakat untuk menegakkan protokol kesehatan.

Saat ini ada 3 juta dosis vaksin yang tiba di Indonesia. Vaksin pun mulai didistribusikan ke daerah, termasuk Sumatra Utara.

1. 40 ribu dosis vaksin didistribusi ke Sumut

40 Ribu Dosis Vaksin Tiba di Sumut Besok, Nakes Jadi PrioritasIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengatakan, jika Sumut akan mendapat jatah 40 ribu dosis vaksin untuk tahap awal. Tenaga  kesehatan akan menjadi kelompok yang diprioritaskan.

"Hari ini dirapatkan. Untuk gudangnya juga sudah disiapkan," ungkap Edy, Senin (4/1/2020).

Baca Juga: Sudah 15 Ribu Orang di Sumut Terkena COVID-19, Vaksin Jadi Harapan

2. Vaksin akan tiba di Bandara Kualanamu besok

40 Ribu Dosis Vaksin Tiba di Sumut Besok, Nakes Jadi Prioritasilustrasi vaksin Sinovac

Vaksin pun akan tiba di Bandara Kualanamu, Selasa (5/1/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. Nantinya vaksin akan dibawa ke tempat penyimpanan Dinas Kesehatan Sumut.

“Untuk tenaga vaksinator sudah kita siapkan. Sudah dilatih 1.500 orang yang tersebar di seluruh kabupaten kota. Seluruh kabupaten kota diprioritaskan. Untuk yang ini diprioritaskan Nakes,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan.

3. Sudah 18 ribu warga Sumut terinfeksi COVID-19

40 Ribu Dosis Vaksin Tiba di Sumut Besok, Nakes Jadi PrioritasIlustrasi swab test. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Hingga Minggu (3/1/2020), jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 sudah menembus angka 18.408 orang. Bertambah 89 orang, dari hari sebelumnya.

Medan masih menjadi kota penyumbang terbanyak angka positif. Totalnya ada 8.900 orang di Medan yang sudah terinfeksi. Disusul oleh Deli Serdang sebanyak 2.207 positif COVID-19.

Masyarakat diminta semakin meningkatkan kesadaran untuk mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan. Apalagi jumlah pasien meninggal juga sudah cukup banyak atau 683 orang hingga 3 Januari 2020.

Baca Juga: COVID-19 di Sumut Tak Kunjung Reda, Sudah 683 Orang Meninggal Dunia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya