4 Daerah di Sumut Belum Bisa Vaksinasi Booster, Termasuk Medan

Stok vaksin di Sumut masih cukup

Medan, IDN Times – Vaksinasi COVID-19  dosis ketiga mulai dicanangkan pemerintah mulai hari ini Rabu (12/1/2022). Di Sumatra Utara, ada empat daerah yang belum memenuhi persyaratan untuk pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga.

Empat  daerah itu yakni Kota Medan, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Deli Serdang dan Padanglawas.

1. Capaian vaksinasi lansia belum tercapai

4 Daerah di Sumut Belum Bisa Vaksinasi Booster, Termasuk MedanSejumlah warga lanjut usia (lansia) mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Dumai, Riau, Senin (29/3/2021). Sebanyak 159 orang lansia dari target 30.000 lansia di Dumai sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Aswaddy HamId)

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis membeberkan, alasan keempat daerah itu belum bisa melaksanakan vaksinasi booster, karena vaksinasi terhadap lansia masih belum mencapai target

"Saat ini  hanya ada 4 daerah yang belum bisa vaksinasi booster karena adanya perubahan aturan dari Kemenkes di mana syarat vaksinasi lansia harus mencapai target 60 persen. Dan keempat daerah itu vaksinasi lansianya belum mencukupi 60 persen," ujar Ismail.

Baca Juga: Gubernur Edy: 2 Warga Sumut Dirawat di Jakarta karena Omicron

2. Vaksinasi tahap satu dan dua juga harus mencapai 70 persen

4 Daerah di Sumut Belum Bisa Vaksinasi Booster, Termasuk MedanIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dia melanjutkan, pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga juga baru bisa dilaksanakan apabila dosis pertama dan kedua sudah mencapai target.

"Sesuai dengan petunjuk kemenkes,  kita mulai hari  ini melakukan  vaksinasi booster namun petunjuknya di sini itu untuk  Kab/ kota dosis  satu dan dua  capai 70 persen," tutur Ismail.

3. Sejumlah fasilitas yang menyediakan vaksinasi dosis ketiga

4 Daerah di Sumut Belum Bisa Vaksinasi Booster, Termasuk Medanilustrasi vaksin Pfizer (ANTARA FOTO/Fauzan)

Ismail mengatakan, vaksinasi dosis ketiga ini untuk menambah imunitas. Booster vaksin akan diberikan kepada masyarakat yang sudah mendapatkan dosis kedua setelah enam bulan.

Saat ini stok vaksin untuk dosis ketiga di Sumut dinilai masih mencukupi. Stoknya mencapai 239 ribu dosis untuk Pfizer.

Untuk mendapat vaksinasi booster ketiga ini di Provinsi Sumut ada beberapa tempat di antaranya RS Haji, RSUP H Adam Malik, RS Jiwa Ildrem, dan UPT Rumah Sakit Khusus Mata dan Paru serta puskesmas-puskesmas rujukan.

"Untuk puskesmas dan faskes itu tergantung kabupaten/daerahnya masing-masing," pungkasnya.

Baca Juga: Gubernur Sumut dan Aceh Bahas Potensi Wisata dan Ekonomi Daerah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya