3 Bocah Temukan Mortir Aktif, Sempat Disimpan Selama Seminggu

Mortir sudah diamankan Gegana

Medan, IDN Times – Peristiwa mengajutkan terjadi di Kota Medan, Sumatra Utara. Tiga orang bocah menemukan mortir aktif, Minggu 12 Juli lalu.

Mortir itu ditemukan di pinggir Sungai, Kecamatan Medan Amplas. Mortir yang ditemukan dalam keadaan berkarat itu akhirnya diamankan oleh Tim Penjinak Bom Brimob Polda Sumut Minggu (19/7/2020).

1. Warga awalnya curiga dengan tiga anak yang membawa karung

3 Bocah Temukan Mortir Aktif, Sempat Disimpan Selama SemingguTim Penjinak Bom Polda Aceh saat berada di rumah Ahmad Yani (Antara//Syifa Yulinnas)

Penemuan mortir itu berawal dari kecurigaan warga bernama Nalom Simangunsong, 59 terhadap tiga orang bocah di beakang rumahnya yang membawa karung. Nalom yang curiga dengan gerak gerik mereka lalu memeriksa isi karung yang dibawa.

Ternyata di dalam salah satu karung terdapat sebuah mortir dalam keadaan berkarat. Nalom pun mengambil benda itu. Para bocah tersebut mengatakan jika mortir itu ditemukan di pinggir sungai.

Baca Juga: Viral Penyelamatan Seorang Balita Tanpa Ekspresi dari Banjir Bandang

2. Warga kemudian melaporkan penemuan itu sepekan kemudian

3 Bocah Temukan Mortir Aktif, Sempat Disimpan Selama SemingguTim penjinak bom Polda Aceh saat berada di lokasi rumah Ahmad Yani yang dilempar granat (Tim Penjinak Bom Polda Aceh saat berada di rumah Ahmad Yani (Antara/Syifa Yulinnas)

Lantas warga tersebut melaporkan penemuan mortir, Sabtu 18 Juli 2020 malam ke polisi. Polsek Medan Kota langsung melakukan pengamanan.

Kabar itu diteruskan ke Tim Gegana Polda Sumut. Kasubden Jibom Detasemen Gegana Brimob Polda Sumut AKP Daud Pelawi mengatakan Tim Jibom langsung bergegas ke lokasi.

“Kami langsung membawa mortir itu,” kata Daud, Minggu (19/7/2020).

3. Mortir dimusnahkan Tim Jibom

3 Bocah Temukan Mortir Aktif, Sempat Disimpan Selama Semingguthephuketnews.com

Mortir itu diduga peninggalan perang zaman penjajahan. Tim Jibom menyatakan mortir tersebut masih aktif.

 “Atas permintaan Kapolsek Medan Kota, agar temuan bom ini dititipkan di Gudang Handak Subden Jibom Sat Brimob untuk selanjutnya dilaksanakan pendisposalan (pemusnahan) pada siang hari,” pungkasnya.

Baca Juga: Garda Pemuda NasDem Akan Habis-habisan Memenangkan 23 Pilkada di Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya