23 Pegawai BPJS Kesehatan Medan Positif COVID-19, Kantor Ditutup

Kontak erat ditelusuri

Medan, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Medan. Sebanyak 23 pegawainya dikabarkan positif COVID-19.

Sebelumnya ada sembilan pegawai yang dinyatakan positif. Kemudian dilanjutkan dengan penelusuran kontak erat sehingga ditemukan kasus baru.

Sampai saat ini, penelusuran kontak erat terus dilakukan. Saat ini, Satgas COVID-19 Kota Medan tengah melakukan penelusuran kontak erat atau tracing terhadap 23 pegawai yang positif corona tersebut.

1. Pegawai yang positif COVID-19 isolasi mandiri

23 Pegawai BPJS Kesehatan Medan Positif COVID-19, Kantor DitutupIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan Sari Quratul Ainy membenarkan jika 23 pegawainya tertular COVID-19. Mereka melaksanakan isolasi mandiri.

"Para pegawai diketahui terinfeksi virus corona setelah dilakukan swab massal baru-baru ini," katanya, Rabu (29/7).

Swab massal itu dilakukan setelah sembilan orang sebelumnya dinyatakan selesai isolasi.

"Dikarenakan sudah selesai masa isolasinya yang ke-9 orang itu, dan lantaran termasuk kasus konfirmasi tanpa gejala, maka sesuai protokol untuk return to work dilaksanakan swab ulang," jelasnya.

Baca Juga: 4 Rempah Rahasia dalam Masakan Arsik Ikan Mas

2. Kontak erat dilakukan hingga tingkat keluarga

23 Pegawai BPJS Kesehatan Medan Positif COVID-19, Kantor DitutupPexels/Edward Jenner

Pihaknya sampai saat ini intens berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Medan. Swab yang dilakukan untuk mencegah penularan kepada para peserta BPJS.

"Memang sudah lewat masa isolasi, akan tetapi masih menunggu hasil swabnya dulu pada minggu ini. Setelah itu, baru kemudian diputuskan pelayanan langsung di kantor kapan bisa dibuka kembali," ungkapnya.

Saat ini, Gugus Tugas Kota Medan tengah melakukan penelusuran kontak erat atau tracing terhadap 23 pegawai yang positif corona tersebut. Tracing juga dilakukan terhadap keluarga mereka. Termasuk yang tinggal di luar Kota Medan.

3. Operasional kantor ditutup, pelayanan dilakukan secara daring

23 Pegawai BPJS Kesehatan Medan Positif COVID-19, Kantor DitutupIDN Times/Wayan Antara

Sementara itu, pelayanan di Kantor BPJS Medan di Jalan Karya, Kelurahan Karang Berombak, Medan Barat, dihentikan sampai dengan masa isolasi selesai. Pelayanan dilakukan secara daring.

BPJS Kesehatan berencana akan membuka kembali layanan kantornya ini pada tanggal 3 Agustus mendatang.

"Minggu ini kami menunggu hasil swab teman-teman yang sudah selesai masa isolasinya dulu. Baru kemudian diputuskan pelayanan langsung kapan bisa dibuka kembali," jelasnya, Rabu (29/7/2020).

Untuk itu, dalam upaya menghindari penyebaran virus COVID-19, kata Sari, pelayanan administasi secara langsung di BPJS Kesehatan Cabang Medan dialihkan kepada layanan online melalui whatsapp pada hari kerja, Senin s/d Jumat pukul 08.00 WIB s/d 15.00 WIB.

Adapun nomor yang bisa diakses, untuk pelayanan informasi dan keluhan pada nomor 08116291001 dan 08116081002.  Sedangkan untuk layanan administrasi pada nomor 08116791003, 08116371004, dan 08116791005.

"Layanan administrasi dan informasi juga dapat dilakukan melalui BPJS Care Center 1500 400 dan aplikasi Mobile JKN. Segala kepengurusan administrasi BPJS Kesehatan tidak dikenakan biaya," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Artis VS Ditangkap di Hotel, Polisi Temukan Uang Rp30 Juta 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya