Tidak Diberi Uang, Seorang Anak Nekat Bakar Rumah Ibunya

Diduga pelaku mengalami gangguan jiwa

Tapanuli Utara, IDN Times - Gara-gara orangtuanya tidak memberi uang, anak berusia 40 tahun itu, Sanggam Hutagalung nekat membakar rumah ibunya, Senin (30/3).

Akibatnya lima rumah tetangga juga ludes terbakar.

1. Ibu pelaku sempat berupaya memadamkan api

Tidak Diberi Uang, Seorang Anak Nekat Bakar Rumah IbunyaApi menghanguskan 6 unit rumah (Dok.IDN Times/Istimewa)

Tujuan pelaku meminta uang kepada ibunya belum diketahui pasti, hanya saja tak lama setelah permintanya tidak disanggupi, pelaku justru mengambil mancis dan membakar kain di dalam rumah. Suasana berubah menjadi petaka karena api cepat besar di dalam rumah. Ibu pelaku, Raima Tobing berusaha memadamkan api.

Segala upaya Raima Tobing sia-sia, ia pun memilih keluar dari dalam rumah ditengah gumpalan asap tebal yang menyengat mata. Raima Tobing pun berusaha pertolongan dari orang-orang yang mendengarnya.

Sontak, warga berhamburan ke lokasi dan membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Namun ragam upaya juga tak membuahkan hasil.

Baca Juga: Lilin Terjatuh Saat Isi Bensin, Rumah Nenek Lamria di Taput Terbakar

2. Lima rumah lainnya ikut terbakar, total enam unit rumah yang ludes

Tidak Diberi Uang, Seorang Anak Nekat Bakar Rumah IbunyaPetugas membersihkan puing bangunan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Situasi yang semakin memburuk, satu demi satu tiang-tiang penyangga rumah Riama Tobing beruntuhan. Lidah api pun tak berkompromi, api menjilat sebanyak lima unit rumah lainnya. Sampai sekitar 30 menit kemudian, kehadiran Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Tarutung baru memadamkan api sehingga api tidak menjalar ke rumah lainnya.

Diketahui keenam pintu rumah yang terbakar tersebut milik Raima Tobing (87) yang merupakan rumah milik orang tua pelaku Sanggam Hutagalung, Pima Lumbantobing (45), Bernat Lumbantobing (84 ), Oloan Lumbantobing (50), Jontan Lumbantobing (75), dan milik  Harada Tobing (75). Kini mereka menompang di rumah warga lainnya.

3. Pelaku diduga memiliki gangguan jiwa

Tidak Diberi Uang, Seorang Anak Nekat Bakar Rumah IbunyaPetugas membantu para korban (Dok.IDN Times/Istimewa)

Saat ini polisi sudah mengamankan pelaku. Namun orangtuanya mengaku kalau pelaku sudah mengalami gangguan jiwa, dan dulu sempat dipasung. Belakangan dilepas karena kesehatannya dinilai mulai membaik. Riama Tobing juga tidak menyangka pelaku bertindak nekat karena kemampuannya untuk menuruti permintaan pelaku tak dapat disanggupi lantaran kondisi keuangan cukup susah. Riama sendiri hanya seorang petani.

Kasubbag Humas Polres Tapsel Aiptu Walpon Baringbing membenarkan peristiwa tersebut.

"Karena sudah keseringan dan tidak mampu akibat pekerjaan orangtua hanya bertani dan sudah usia tua menjadi salah satu alasan orangtua pelaku tidak memberikan uang tersebut kepada anaknya" kata Walpon Baringbing.

Ia menambahkan bahwa pihaknya telah mengamankan pelaku dan membuat police line di lokasi kejadian. Polisi juga akan mempelajari kesehatan kejiwaan pelaku.

Baca Juga: [UPDATE] Positif Corona di Sumut 26 Orang, Data PDP Tidak Sinkron

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya