Pernah ke Medan, Ibu 60 Tahun asal Simalungun Positif COVID-19

Total pasien virus corona di Simalungun 3 orang

Simalungun, IDN Times - Jumlah paparan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 sesuai hasil swab yang telah dikeluarkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Badan Litbangkes, Jakarta untuk daerah Kabupaten Simalungun naik. Total kini menjadi tiga orang.

Hal ini dibenarkan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Akmal Siregar, Kamis (30/4). Pasien tersebut dinyatakan positif setelah berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebelumnya.

1. Pasien berusia 60 tahun, riwayat perjalanan Medan

Pernah ke Medan, Ibu 60 Tahun asal Simalungun Positif COVID-19Suasana di Stasiun Madiun lengang seiring dengan pembatalan perjalanan kereta jarak jauh. Dok.IDN Times/Istimewa

Dijelaskannya, pasien tersebut seorang ibu berusia 60 tahun, warga Dusun Sidodali, Nagori Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa. Sejak tanggal 17 April 2020 pasien ini telah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Perdagangan.

Diungkapkan juga, jauh sebelum pasien ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), pasien tersebut memiliki riawat perjalanan dari Kota Medan. Di sana ia bertemu dengan anaknya.

Baca Juga: Tega! Bayi yang Baru Lahir Ditemukan di Area Perkebunan Simalungun

2. Pemkab akan mengisolasi sebarannya

Pernah ke Medan, Ibu 60 Tahun asal Simalungun Positif COVID-19IDN Times / Nana Suryana

Sebagai langkah tanggap dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, kata Akmal Siregar, mulai besok, Jumat (1/5) akan dilakukan isolasi mandiri terhadap sebaran di dusun tersebut. "Informasi yang kita peroleh, jumlah yang akan menjalani isolasi mandiri sekitar 350 kepala keluarga," ucapnya.

Ditambahkannya, tim Gugus Tugas VOVID-19 juga akan turun sekitar jam 10.00 Wib untuk melakukan pendataan dan penyemprotan disinfektan. "Dan besok juga akan dilakukan pembagian bantuan sembako bagi mereka yang akan menjalani isolasi mandiri," jelasnya.

3. Total positif 3 orang dan 4 dinyatakan meninggal

Pernah ke Medan, Ibu 60 Tahun asal Simalungun Positif COVID-19Pasien sembuh dari virus corona meninggalkan rumah sakit di Brasil ( ANTARA FOTO/REUTERS/Diego Vara)

Akmal Siregar mengaku belum mendapat informasi secara detail apakah ada anggota keluarga yang hidup satu rumah atau berkontak langsung dengan pasien positif COVID-19 tersebut. Tapi langkah-langkah tenaga medis ke arah sana sudah direncanakan.

Terakhir, Akmal Siregar mengutarakan bahwa sekarang ini jumlah pasien yang positif COVID-19, sesuai pemeriksaan swab dari Litbangkes Jakarta sebanyak tiga orang, sedangkan berstatus PDP 26 orang. Sementara yang meninggal dunia dengan status PDP sebanyak 4 orang dan yang sembuh sudah diangka 6 orang. Hanya saja, belum diketahui apakah hasil swab dari pasien yang meninggal telah keluar.

Baca Juga: [UPDATE] COVID-19 Sumut Naik 3 Kasus, Meninggal Bertambah 1 Orang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya