Comscore Tracker

Masa Liburan, Pemkab Simalungun Awasi Kapal Wisata di Danau Toba

Penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan

Simalungun, IDN Times - Selama liburan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Perhubungan memantau aktifitas kapal pariwisata dan kapal yang akan menyeberang ke Samosir.

Sejauh ini jumlah kapal yang layak beroperasi dari pelabuhan Parapat dan Tigaras sebanyak 70 unit.

1. Nahkoda kapal wajib menerapkan protokol kesehatan

Masa Liburan, Pemkab Simalungun Awasi Kapal Wisata di Danau Tobabisniswisata.co.id

Mengingat saat ini masih pandemik COVID-19, maka seluruh pemilik dan nahkoda kapal wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan serta keamanan yang telah ditetapkan Kementerian Perhubungan RI. Sejumlah aturan yang diberlakukan adalah penumpang wajib cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

Kadis Perhubungan Kabupaten Simalungun Ronny Butarbutar menjelaskan, jumlah penumpang juga dibatasi guna memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dan sebelum berlayar, kapal wajib memiliki pelampung sesuai jumlah penumpang. "Kapal wajib menyediakan tempat cuci tangan," katanya, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga: Selain Danau Toba, Ini 10 Danau Terbesar di Indonesia

2. Antisipasi cuaca buruk Dishub Simalungun koordinasi dengan BMKG

Masa Liburan, Pemkab Simalungun Awasi Kapal Wisata di Danau TobaPotensi La Nina di Indonesia ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Dalam kesempatan ini Tony Butar-butar juga telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Simalungun untuk memastikan kondisi cuaca seperti angin sehingga kecelakaan tidak terjadi. "Kalau ombaknya tinggi atau hari sudah gelap, jangan dipaksanmenyeberang. BMKG bakal kasih info secara berkesinambungan," ujar Ronny.

Puncak libur cuti bersama dan maulid Nabi Muhammad yang disambung dengan akhir pekan diprediksi akan diramaikan wisatawan pada hari-hari terakhir. Persiapan juga dilakukan oleh Pos SAR Toba. Koordinator SAR Danau Toba, Octo Tambunan menyampaikan telah melaksanakan operasi Siaga.

Operasi siaga ini tidak lepas dari cuaca yang ekstrim. "Persiapan khusus, iya bang. Kita melaksanakan Siaga SAR khusus libur nasional dan maulid Nabi Muhammad SAW mulai tanggal 27 Oktober - 2 November 2020. Kebetulan ini kita lagi patroli di Danau menuju Balige," kata Octo.

3. Penumpang kapal tak perlu rapid test

Masa Liburan, Pemkab Simalungun Awasi Kapal Wisata di Danau TobaKendaraan yang masuk ke Samosir lewat kapal wajib disemprot disinfektan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Selama cuti bersama ini, Satgas COVID-19 Kabupaten Simalungun juga meminta seluruh warga khususnya yang menjalankan aktivitas wisatawan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2020, Satgas tetap memantau kegiatan di objek-objek wisata.

Namun bagi pengunjung yang akan memanfaatkan kapal wisata tidak perlu harus rapid test, mengingat juga Kabupaten Samosir tidak mewajibkan hal itu bagi pengunjung yang masuk ke daerah itu dari Simalungun.

Kebijakan ini, kata Akmal Siregar, juga merujuk pada ketentuan yang dibuat pemerintah pusat, dimana peraturan wajib rapid test itu masih untuk penumpang pesawat terbang. "Setahu kami dalam penerbangan saja dilakukan rapid test. Jalan darat belum ada kita dapatkan. Tapi kita tetap melakukan imbauan," katanya.

Baca Juga: Ini Nih 9 Wisata Menawan Dekat Danau Toba yang Wajib Kamu Kunjungi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya