Jelang Liburan, Dirjen Uji Kelayakan Kapal Wisata di Danau Toba

Jumlah kapal beroperasi berkisar 152 unit

Simalungun, IDN Times - Guna memastikan kelayakan kapal beroperasi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat bersama Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara melaksanakan pemeriksaan fisik dan uji fungsi Kapal Tradisional dan Kapal Ferry di Kawasan Danau Toba.

Pemeriksaan pada sarana dan prasarana beserta fasilitas pendukung keselamatan dan keamanan pelayaran lainnya di Kawasan Danau Toba dengan menurunkan tim ahli. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara, Putu Sumarjaya, Sabtu (19/12/2020).

1. Pelayaran diharapkan aman

Jelang Liburan, Dirjen Uji Kelayakan Kapal Wisata di Danau TobaDirjen Hub Uji Kelayakan Kapal Wisata di Danau Toba (Dok. IDN Times)

Dijelaskan, pemeriksaan terhadap seluruh kapal yang beroperasi di Kawasan Danau Toba bertujuan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan keselamatan dan keamanan dalam operasional angkutan sungai, danau dan penyeberangan menjelang masa angkutan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 sesuai dengan standar/peraturan yang ada.

Pemeriksaan rampcheck ini berupa pengisian check-list di lokasi pemeriksaan yang meliputi data umum kapal, ukuran kapal, dan kapasitas muat (Ship Particular), ketersediaan perlengkapan alat-alat penolong (Life Saving Equipment), ketersediaan peralatan pemadam kebakaran, ketersediaan sistem penahan benturan kapal (Fender Kapal), ketersediaan perangkat navigasi, AIS, Radio, dan alat Komunikasi.

"Kegiatan pemeriksaan ini dilakukan dengan menetapkan pengambilan data secara sampling dari total jumlah kapal yang ada di Danau Toba dan penyeberangan yang beroperasi. Kita harapkan semua tidak ada masalah pelayaran," katanya.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, 10 Artis Indonesia Ini Ternyata Asli Korea

2. Inspektur Sungai Danau diturunkan mengecek kelayakan kapal

Jelang Liburan, Dirjen Uji Kelayakan Kapal Wisata di Danau TobaDirjen Hub Uji Kelayakan Kapal Wisata di Danau Toba (Dok. IDN Times)

Putu Sumarjaya mengatakan, sejumlah lintas penyeberangan diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang sehingga perlu dipastikan aspek standar kelaiklautan kapal dan keselamatan pelayarannya terpenuhi. Pengujian ini dilakukan langsung tim pemeriksaan (ramp check) bersama petugas Inspektur Sungai Danau berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perhubungan Kabupaten setempat.

"Pelaksanaan uji petik dilakukan mulai dari tanggal 16 sampai 19 Desember 2020 di Kawasan Danau Toba," jelasnya sembari menekankan bahwa kegiatan ramp check dilaksanakan sesuai Surat Dirjen Perhubungan Darat Nomor: AP.005/9/14/DJPD/2020 tanggal 20 November 2020 .

3. Ini titik lintasan yang diperiksa

Jelang Liburan, Dirjen Uji Kelayakan Kapal Wisata di Danau TobaKapal menjadi salah satu andalan warga dan turis di sekitar Danau Toba. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Secara keseluruhan total kapal yang dilakukan uji petik (ramp check) melipi 8 kapal ferry dan 152 kapal tradisional yang berada di berbagai titik, meliputi Lintas Penyeberangan Ajibata-Ambarita terdapat sebanyak 2 kapal ferry, Lintas penyeberangan Ajibata-Tomok sebanyak 37 kapal tradisional, Lintas Penyeberangan Tuktuk-Tigaraja sebanyak sebanyak 16 kapal tradisional, Lintas Penyeberangan Parapat-Tomok sebanyak 29 kapal tradisional, kapal pariwisata sebanyak12 kapal tradisional, Lintas Penyeberangan Tigaras-Simanindo terdapat 2 kapal ferry dan 21 kapal tradisional.

Kemudian, Lintas Penyeberangan Muara-Sipinggan sebanyak 1 kapal ferry, Lintas penyeberangan Muara Nainggolan sebanyak 2 kapal tradisional, Lintas Penyeberangan Muara-Sibandang sebanyak 3 kapal tradisional, Lintas Penyeberangan Muara-Balige sebanyak 8 kapal tradisional dan Lintas Penyeberangan Balige Onanrunggu sebanyak 17 kapal tradisional dan pelaksanaan ramp check di Lintas Penyeberangan,

"Kita juga memeriksa administrasi kapal dan pengawakan (Sertifikasi awak dan Sertifikasi Kapal)," kata Putu Sumarjaya dengan berharap seluruh nahkoda atau petugas di kapal wajib mengutamakan keselamatan khususnya protokol kesehatan.

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Asli Kiki Pembantu Aldebaran di Ikatan Cinta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya