Hujan Deras, Jalinsum Parapat Tertimbun Longsor Sepanjang 30 Meter

Arus lalu lintas lumpuh dan dialihkan

Simalungun, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar, Sabtu (11/7) sore hingga malam ini menyebabkan banjir di beberapa daerah. Selain itu juga longsor terjadi di Jalan Lintas Sumatera Utara (Jalisum) Parapat, Nagori Sibaganding, Kecamatan Sipangan Bolon, tepatnya sekitar 2 Km dari kota Parapat, sekitar pukul 20.00 WIB.

Tanah longsor tersebut membuat badan jalan tertutup total sehingga lalu lintas lumpuh total, dan untuk sementara waktu, sembari petugas membersihkan tanah dan pepohonan yang tumbang, polisi mengalihkan arus lalu lintas.

1. Pengemudi dari Siantar menuju Toba harus melalui Simpang Girsang

Hujan Deras, Jalinsum Parapat Tertimbun Longsor Sepanjang 30 MeterIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Bagi pengemudi yang datang dari arah Kota Pematangsiantar menuju Kabupaten Toba atau sebaliknya terpaksa melalui Simpang Girsang keluar di Simpang Palang, atau sebaliknya.

Kasubbag Humas Polres Simalungun, AKP Lukman Hakim Sembiring menjelaskan, personil polisi sudah turut ke lapangan, mulai dari Kasat Lantas AKP Jodi Inrawan dan Kapolsek Parapat, AKP Irsol, untuk melakukan pengamanan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa sembari menunggu alat berat milik PT TPL tiba di lokasi guna membuang material tanah.

“Tumpukan tanah setinggi 1 meter dengan panjang 30 meter,” kata Lukman Hakim Sembiring.

Baca Juga: Penerapan Normal Baru di Parapat Bikin Repot Pemkab Samosir

2. Dikhawatirkan longsor susulan

Hujan Deras, Jalinsum Parapat Tertimbun Longsor Sepanjang 30 MeterIlustrasi longsor (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Ia mengatakan, belum banyak yang dapat dilakukan atas bencana alam tersebut karena factor hujan yang cukup deras dan penerangan jalan kurang memadai.

“Situasi masih turun hujan deras sehingga tidak bisa dilakukan proses evakuasi. Dikhawatirkan akan adanya longsor susulan di sekitar lokasi,” terangnya.

3. Hujan masih turun deras, pihak keamanan masih bersiaga

Hujan Deras, Jalinsum Parapat Tertimbun Longsor Sepanjang 30 MeterKondisi jalan tertimbun material tanah dan bebatuan yang longsor di Parapat (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sampai pukulMpukul 23.45 WIB, hujan masih turun. Kapolres juga meminta kepada seluruh kapolsek siaga. Khususnya daerah yang memiliki kerawanan banjir dan longsor.

Ia meminta jajarannya segera melaporkan jika ada bencana, sekaligus upaya pencegahan agar tidak timbul korban jiwa dilakukan. Seluruh kapolsek juga diminta dengan cepat berkoordinasi kepada Muspika tingkat desa, kecamatan, dan BPBD.

Baca Juga: Danau Toba Masuk UGG, BPODT: Pelestarian Lingkungan Sangat Penting

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya