Diserang Monyet, Dua Anak di Simalungun Alami Luka Serius

Korban jalani perawatan akibat cakaran monyet

Simalungun, IDN. Times - Warga Kerasahan I, Nagori Bahbayu Timur, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun belakangan resah dengan kehadiran monyet ke kawasan permukiman dan menyerang manusia. Sejauh ini sudah ada dua orang anak menjadi korban.

Reval Sarfuddin, salah satu korban yang harus mendapat penanganan tenaga medis secara serius. Cucu dari Lutfi Damanik ini mengalami luka robek sebanyak 42 jahitan. Reval yang masih balita tersebut diserang, Jumat (23/4/2021) sekitar pukul 12.00 WIB.

1. Monyet yang menyerang warga diprediksi jenis monyet Lampung

Diserang Monyet, Dua Anak di Simalungun Alami Luka SeriusFoto hanya ilustrasi. (Instagram.com/rhinodesouza)

Lutfi mengatakan, monyet menyerang saat cucunya sedang bermain persis di belakang rumah. Sementara ibunya sedang berada di dapur. "Monyet langsung melompat dan menyerang cucu saya hingga luka," katanya saat dihubungi melalui ponsel, Sabtu (24/4/2021).

Keberadaan monyet di kawasan tempat tinggal mereka, kata Lutfi, bukan hal asing tetapi monyet yang melakukan penyerangan jenis berbeda dari monyet yang selama ini berkeliaran di sana. Ia dan warga memprediksi bahwa monyet tersebut mirip dengan monyet Lampung. Bertubuh besar dengan bulu berwarna coklat.

Sejauh ini warga melihat jenis monyet yang menyerang Reval masih ada dua. Namun yang cukup ganas melakukan penyerang hanya satu. "Di kawasan sini, memang ada monyet. Cuma dua monyet ini yang beda, mirip beruk. Sehari-hari memang kelihatan dua monyet ni di kampung ini," kata Lutfi.

Baca Juga: Dua Periode Usai, Ini Pesan Terakhir Bupati Simalungun JR Saragih 

2. Monyet menyerang anak-anak

Diserang Monyet, Dua Anak di Simalungun Alami Luka SeriusKawanan monyet sedang mencari makan di kawasan perbatasan hutan lindung Gunung Ciremai dan pemukiman warga. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Sesuai data yang dikumpulkan warga, kejadian yang menimpah Reval bukan yang pertama kali. Dua peristiwa naas sebelumnya sudah terjadi dan semua korbannya adalah anak-anak. Para korban terluka karena tidak berdaya melawan monyet.

"Sudah beberapa kali monyet menyerang. Cucuku hari Jumat. Lukanya di bagian punggung dan langsung kami bawa ke klinik. Sehari sebelumnya juga menimpah anak berusia 8 tahun, namanya Aldi. Saat pascakejadian langsung dibawa berobat," ucap Lutfi.

3. BPBD segera turun menangani masalah ini

Diserang Monyet, Dua Anak di Simalungun Alami Luka Seriusen.infoglobe.cz

Lutfi mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan peristiwa ini ke Pangulu Nagori Bahbayu untuk memutuskan langkah apa yang akan diambil untuk mencegah serangan monyet kembali berulang.

"Sudah kita sampaikan ke Pangulu Nagori, kata beliau Senin akan ditindaklanjuti seperti apa langkah yang akan diambil. Kalau kita sendiri untuk menangkap monyet, rasanya sulit. Karena mereka lari ke kebun-kebun," katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Simalungun Frit Ueki Damanik menyampaikan, pihaknya akan menurunkan tim ke lokasi untuk melihat serangan monyet. "Kita akan kirim tim ke sana ya," kata Frit.

Baca Juga: Pernah Dibakar, Masjid Awal Jadi Saksi Penyebaran Islam di Simalungun

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya