Daftar Sekolah Pelayaran di Medan, Warga Simalungun Positif COVID-19

Total 64 orang positif COVID-19

Simalungun, IDN Times - Pasien positif terpapar virus corona atau COVID-19 di Simalungun, Sumatera Utara secara akumulasi telah mencapai 64 orang, dengan rincian 41 orang dalam perawatan, 21 orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia. Kasus terakhir terpapar seorang pria berusia 16 tahun asal Nagori Laras, Kecamatan Bandar Huluan.

Selain itu ada dua orang pasien positif COVID-19 yang sembuh usai menjalani perawatan dipulangkan dari Rumah Sakit Darurat Fasilitas Khusus (RSDFK) COVID-19 Batu 20, Kecamatan Panombeian Pane.

Kedua pasien tersebut yakni, SU, laki-laki, usia 58 tahun, berasal dari Nagori Rambung Merah, Kecamatan Siantar dan Santi, perempuan, usia 47 tahun, yang merupakan warga Karang Keri, Marihat Ulu, Kecamatan Siantar.

 

1. Satu Pasien COVID-19 di Simalungun terpapar di Medan

Daftar Sekolah Pelayaran di Medan, Warga Simalungun Positif COVID-19Ilustrasi Pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Jose Luis Gonzalez)

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Simalungun Akmal Siregar mengatakan pasien baru ini terpapar saat melaksanakan perjalanan ke Kota Medan karena ada urusan untuk melanjutkan pendidikan.

"Yang bersangkutan ini mau melakukan pendaftaran ke sekolah akademik pelayaran, dan dilakukan pemeriksaan dan hasil swab dinyatakan positif. Pasien telah dirawat di Rumah Sakit Bunda Thamrin, Medan," ucap Akmal Siregar menerangkan situasi terbaru kasus COVID-19, Rabu (24/6).

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Satu Desa di Simalungun Sudah 29 Orang

2. GTPP COVID-19 lakukan penelusuran kontak

Daftar Sekolah Pelayaran di Medan, Warga Simalungun Positif COVID-19Grafik sebaran COVID-19 di Simalungun (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kata Akmal, tim GTPP COVID-19 Simalungun sudah melakukan penelusuran perjalanan pasien untuk mengetahui siapa yang sudah berhubungan atau kontak fisik dengannya. Pemeriksaan rapid test juga sudah digelar namun hasilnya belum diketahui apakah ada yang reaktif atau tidak . Bahkan jumlah warga yang mengikuti rapid test juga belum diketahui pasti. "Belum ada disampaikan

Sementara pasien dari satu dusun di Nagori Bandar Huluan, Kecamatan Pamatang Bandar, sejauh ini sudah 33 orang. Kemudian ada juga Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sementara warga berstatus positif COVID-19 dan PDP hingga sekarang belum ada yang dinyatakan sembuh. "Belum ada info lanjutan (yang sembuh)," ucapnya.

3. Guna menerapkan New Normal, Pemkab Simalungun menunggu aba-aba gubernur. Padahal sebelumnya awal Juni Pemkab sudah menyatakan akan New Normal

Daftar Sekolah Pelayaran di Medan, Warga Simalungun Positif COVID-19Peta sebaran COVID-19 di Simalungun tanggal 19 Juni 2020 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Disinggung terkait adanya rencana penerapan new normal 1 Juli 2020 di berbagai daerah di Sumut, menurut Akmal Siregar, Pemkab Simalungun belum bisa mengambil keputusan karena sedang menunggu aba-aba dari gubernur Sumut. "Simalungun sendiri sekarang sedang mempersiakan draft yang kita kirim ke gubernur dan gubernur sendiri akan mengirim ke Kementerian. Nanti setelah turun itu, kita juga akan melihat kembali. Sekarang tugas kita mempersiapkan data dan kajian sesuai permintaan gubernur," kata Akmal.

Mengenai banyaknya warga Simalungun, kata Akmal, pihaknya tetap mengimbau warga agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. "New normal sendiri bukan berarti orang bisa melakukan sesuatu sebebas-bebasnya. New normal adalah tetap melakukan protokol kesehatan , bagaimana orang bisa beraktivitas secara ekonomi di luar rumah tetap dengan mempedomani protokol COVID-19. Bukan menjadikan orang sebebas-bebasnya," jelasnya.

Sedangkan berdasarkan daerah sebaran pasien positif COVID-19, dari 32 kecamatan, di antaranya 14 kecamatan telah terpapar, yaitu Ujung Padang, Bandar, Bandar Huluan, Dolok Batu Nanggar, Gunung Malela, Jawa Maraja Bah Jambi, Siantar, Tanah Jawa, Tapian Dolok, Girsang Sipangan Bolon, Dolok Pardamean, Raya, Raya Kahean, Purba.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Daerah Simalungun, 56 Rumah Terendam Banjir

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya