Bupati Radiapoh Lantik Esron Sinaga Jadi Sekda Simalungun

Dalam setahun sudah 2 kali ganti Sekda nih

Simalungun, IDN Times - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Simalungun Drs Esron Sinaga MSi, bertempat di balei Harungguan Djabanten Damanik Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya,  Sumut,  Rabu (15/9/2021).

Pelantikan pejabat Sekda merupakan kedua kalinya dilakukan Radiapoh setelah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat menjadi bupati lewat Pilkada Tahun 2020.

Sebelumnya Bupati Simalungun melantik Sudiahman Saragih menjadi Plt seiring mundurnya Sekda sewaktu JR Saragih masih bupati, yaitu Mixnon Simamora.

Baca Juga: 4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Indonesia

1. Pemilihan Sekda hasil seleksi terbuka

Bupati Radiapoh Lantik Esron Sinaga Jadi Sekda SimalungunEsron Sinaga menandatangani SK jabatan Sekda (Istimewa/IDN Times)

Pelantikan Sekda Kabupaten Simalungun ini digelar sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Simalungun No. 188.45/17001/27.3/2021. Sebagai saksi dalam pelantikan Sekda tersebut Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Ramadhani Purba dan Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Debora DPI Hutasoit MSi dan rohaniwan Pastor Togu Nestor Sinaga OFM.Cap.

Dalam arahannya Bupati Simalungun mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Sekda merupakan tindak lanjut dari hasil seleksi terbuka untuk mengisi jabatan yang lowong Sekda Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan oleh panitia seleksi dari unsur birokrasi, akademisi, pakar dan profesional.

Dengan dilantiknya Sekda ini diharapkan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada maayarakat dapat terlaksana sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan.

2. Bupati minta Sekda dan jajaran ASN wujudkan visi-misinya

Bupati Radiapoh Lantik Esron Sinaga Jadi Sekda SimalungunRadiapoh Sinaga tandatangani SK jabatan Esron Sinaga (Istimewa/IDN Times)

Dikatakan, kedudukan sekretaris daerah memiliki kewenangan yang strategis dalam menjalankan roda pemerintahan daerah. Untuk itu kepada seluruh jajaran perangkat daerah serta para pejabat pimpinan tinggi pratama untuk saling berkoordinasi dalam melaksanakan tugas demi pencapaian tujuan pembangunan daerah Kabupaten Simalungun.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak kepada seluruh jajaran aparatur Pemkab Simalungun termasuk Sekda yang baru dilantik untuk bersama-sama dan saling bahu membahu menghadapi tantangan kedepan dan bersatu padu untuk mewujudkan visi yakni 'Rakyat Harus Sejahtera'.

"Pencapaian visi dan misi mustahil dapat tercapai tanpa kebersamaan dan kesatuan dengan stakeholder yang ada di tanoh Habonaron Do Bona,"kata Bupati.

3. Esron Sinaga sebelumnya menjabat Kadishub Pematangsiantar

Bupati Radiapoh Lantik Esron Sinaga Jadi Sekda SimalungunBupati meladeni pertanyaan para jurnalis (Istimewa/IDN Times)

Disampaikan, pekerjaan kedepan memang tidak ringan, penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi informasi harus dikembangkan dalam upaya meningkatkan kualitas pencapaian program pembangunan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pelayanan publik.

Dalam arahan itu, Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Pj Sekda, dan pengabdiannya dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat selama lebih kurang 3 bulan.

Sebagai catatan, Esron Sinaga sebelumnya bertugas Pemko Pematangsiantar. Sejumlah jabatan telah diembannya, seperti Kadis Perizinan. Sebelum jadi Sekda, Esron Sinaga dipercaya Wali Kota Pematangsiantar sebagai Kadis Perhubungan.

Baca Juga: Pulang ke Medan, Jesselyn Dedikasikan  Kemenangan untuk Nenek

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya