32 Warga Simalungun Keracunan, Diduga Karena Makan Daging Anjing

Korban dirawat di Puskesmas

Simalungun, IDN Times - Warga warga Dusun III Kandang Lombu, Panombean Hutaurung, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun dihebohkan dengan adanya 32 orang keracunan makanan.

Dugaan sementara, mereka keracunan usai memakan daging anjing dua hari yang lalu, Rabu (19/2). Kini semua pasien masih di rawat intensi oleh tim medis, Jumat (21/2).

Sesuai informasi di lapangan, awalnya ada 10 kepala rumah tangga membeli seekor anjing dengan cara patungan, masing-masing Rp 40 ribu. Kemudian dagingnya dibagi rata untuk dimasak sesuai selera masing-masing. Hanya saja, esoknya, Kamis (20/2) warga merasakan sakit perut.

1. Sekeluarga mual dan muntah-muntah

32 Warga Simalungun Keracunan, Diduga Karena Makan Daging AnjingDok.IDN Times/Istimewa

Romiyanti Boru Gultom, salah seorang korban yang saat ini di rawat di Puskesmas Tiga Balata, Kabupaten Simalungun mengaku tidak menyangka akan keracunan makanan dari daging anjing. Apalagi mengonsumsi daging anjing bukan pertama kali.

Sesuai keterangan sejumlah korban, hampir seluruhnya yang menyantap daging anjing terkena racun. Sementara yang tidak kena, diperkirakan mereka memasak dagingnya dengan cara di sup.

"Kami sekeluarga kena malamnya. Mual-mual, muntah, kepala pusing," kata M Sidabutar.

Baca Juga: Ratusan Warga Asahan Keracunan Usai Santap Makanan dari 5 Calon Kades 

2. Dari 32 korban, 10 di antaranya anak-anak

32 Warga Simalungun Keracunan, Diduga Karena Makan Daging AnjingIlustrasi Rumah Sakit. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Camat Jorlang Hataran Maryaman Samosir mengatakan total yang diduga keracunan makanan usai mengonsumsi daging anjing ini mencapai 32 orang.

"Sebanyak 22 orang itu yang dewasa, 10 anak-anak. Mereka kemarin memakan daging anjing," katanya.

3. Satu orang sudah dipulangkan

32 Warga Simalungun Keracunan, Diduga Karena Makan Daging AnjingIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Koordinator Pemeriksa Umum Puskesmas Tiga Balata Retawati mengatakan pihaknya menerima 22 pasien. Satu di antaranya sudah pulih dan diperbolehkan pulang. Sedangkan yang lainnya masih butuh penanganan medis. 

"Hari ini seluruh pasien masuk, ada 10 lagi masih di klinik Nainggolan dan klinik Maranatha. Mereka mengaku baru mengonsumsi daging anjing," katanya

Baca Juga: Hati-hati, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keracunan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya