2 Pekan Tenggelam di Danau Toba, Jenazah Warga Kisaran Ditemukan

Korban ditemukan nahkoda KMP

Simalungun, IDN Times - Sesosok jenazah pria ditemukan mengambang di perairan Danau Toba, tepatnya di Pantai Pasanggrahan Bung Karno, Kelurahan Tigaraja Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Jumat (4/6/2021) sekitar pukul 06.30 WIB pagi. Diduga itu adalah jenazah Dodi, pria asal Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut yang tenggelam sejak 2 pekan lalu di Danau Toba.

Penemuan jenazah pertama kali diketahui Nahkoda Kapal Motor Penumpang (KMP) Natio 3, Mangasi Tua Sitio yang juga warga kelurahan Tigaraja. Jaraknya lebih dari 1 km pascahilang. Temuan jenazah ini langsung disampaikan kepada Basarnas Danau Toba, Markas Polairud Markas Danau Toba dan sudah dievakuasi.

1. Jenazah diserahkan kepada polisi

2 Pekan Tenggelam di Danau Toba, Jenazah Warga Kisaran DitemukanKorban dievakuasi SAR Danau Toba (Istimewa/IDN Times)

Mendapatkan laporan tersebut, Kepala Koordinator Pos SAR Danau Toba, Octo Albert Tambunan langsung memimpin pergerakan personil menuju lokasi menggunakan alut RIB (Regead Inflatable Boat) dan langsung mengevakuasi.

Octo Albert Tambunan ketika dikonfirmasi membenarkan adanya sesosok mayat pria mengapung, dan mereka langsung menuju lokasi dan mengevakuasinya. Untuk mengungkap identitas asli mayat, SAR Danau Toba langsung menyerahkannya kepada pihak kepolisian. Selanjutnya dibawa ke RS guna pemeriksaan lebih lanjut

Baca Juga: Berenang di Danau Toba, Wisatawan Asal Kisaran Hilang

2. Identitas korban diketahui lewat temannya

2 Pekan Tenggelam di Danau Toba, Jenazah Warga Kisaran DitemukanKorban dievakuasi SAR Danau Toba (Istimewa/IDN Times)

Terpisah, Sekretaris BPBD Kabupaten Simalungun, Manaor Silalahi mengatakan, jenazah tersebut adalah Dodi, warga Kisaran yang tenggelam di Danau Toba. Hal ini diketahui dari celana yang dipakai.

"Saksi kunci yaitu teman korban. Dia bilang itu temannya yang tenggelam. Saksi kunci ini adalah teman satu kamar Dodi dan sekaligus ikut berenang sebelum Dodi dinyatakan hilang di Danau Toba. Kemudian ikut juga menabur bunga sebelum pencarian dihentikan," terangnya.

Mendapat informasi itu, kata Manaor Silalahi, pihaknya telah berkoordinasi dengan keluarga korban. "Kita sudah koordinasi kepada keluarga korban. Kita minta langsung tadi saksi kunci itu menghubunginya," tutupnya.

3. Korban sebelumnya tenggelam sesaat berenang dengan temannya

2 Pekan Tenggelam di Danau Toba, Jenazah Warga Kisaran DitemukanProses tabur bunga di Danau Toba ketika korban sempat tidak ditemukan (Istimewa/IDN Times)

Perlu diketahui, Dodi merupakan warga Kisaran, Kabupaten Asahan yang bekerja sebagai pedagang di Parapat. Di waktu senggang, Sabtu (22/5)2021) ia diketahui berenang bersama teman-temannya. Hanya saja korban tidak kelihatan setelah beberapa saat menyelam.

Mengetahui kejadian itu, teman-teman Dodi langsung menyampaikan kabar tersebut kepada warga sekitar dan warga langsung meneruskan kepada Personil siaga Pos SAR Danau Toba. Pencarian sempat berjalan 7 hari, seperti menyelam dan menyisir pantai. Namun korban tidak ditemukan.

Baca Juga: Cari Kakek yang Hanyut di Madina, Anggota Tim SAR Gugur

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya