Comscore Tracker

Malam Ini Bakal Ada Gerhana Bulan Parsial

Yuk lihat gerhana pakai Teleskop di kampus Pascasarjana UMSU

Fenomena alam menarik akan terjadi di Indonesia, yaitu gerhana bulan parsial. Gerhana ini diprediksi akan nanti malam atau, Rabu (17/7) mulai pukul 01:43 WIB dini hari.

Gerhana bulan parsial ini memiliki durasi yang cukup lama, yaitu sekitar 4 jam 28 menit!

Kampus Pascasarja UMSU Jalan Denai Medan akan menggelar pengamatan gerhana bulan parsial lewat teleskop dan dibuka untuk umum malam ini. Juga akan dilakukan salat sunah gerhana berjamaah. 

Seperti apa fakta-fakta menarik seputar fenomena gerhana bulan parsial ini? Dan gerhana bulan ini akan terlihat di negara mana saja? Mari simak jawabannya di bawah ini!

1. Gerhana bulan parsial ini diprediksi memiliki durasi 4 jam 28 menit

Malam Ini Bakal Ada Gerhana Bulan Parsialabc.net.au

Gerhana bulan parsial ini akan terjadi pada Rabu dini hari (17/7) pada pukul 01:43 WIB. Dengan durasi sekitar 4 jam 28 menit, gerhana bulan parsial ini akan berakhir pada pukul 06:11 WIB. Puncak gerhana ini sendiri akan terjadi pada pukul 04:30 WIB.

FYI, jika ingin melihat bulan dengan warna kemerahan, coba stand by di pukul 03:01, ya! 

2. Gerhana ini akan terlihat di Indonesia dan beberapa negara lainnya

Malam Ini Bakal Ada Gerhana Bulan Parsialtucson.com

Akan terlihat di mana saja sih gerhana bulan parsial ini? Merujuk pada laman Time and Date, gerhana ini akan terlihat di banyak negara sekaligus.

Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di Belgia, Thailand, Portugal, Britania Raya, Hongaria, Mesir, Turki, Prancis, Yunani, Myanmar, Spanyol, Brazil, Australia, Afrika Selatan, Argentina, Nigeria, India dan Rusia. Wah, banyak sekali, ya?

Baca Juga: 8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannya

3. Gerhana ini akan terulang pada 18 tahun mendatang

Malam Ini Bakal Ada Gerhana Bulan Parsialuncfsu.edu

Rupanya, gerhana bulan parsial ini masuk ke dalam seri Saros 139. Pada 17 Juli mendatang, gerhana ini terjadi ke-21 kali. Sementara, gerhana seri Saros 139 yang ke-22 akan terjadi pada 18 tahun mendatang, tepatnya pada 27 Juli 2037. Namun, warga Indonesia tidak bisa menikmati gerhana ini karena hanya bisa dilihat di benua Amerika.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Ini 7 Fenomena Langit Juli 2019 yang Bisa Kamu Lihat

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya