Trafik Data Internet Naik, Banyak yang Pantau Informasi Wabah COVID-19

Secara nasional kenaikan trafik terjadi pada Facebook

Medan, IDN Times - Dengan penerapan social distancing sepekan ini, XL Axiata mengalami peningkatan trafik data. Di mana masyarakat dan pelanggan banyak memantau perkembangan dan informasi terkait wabah COVID-19.

I Gede Darmayusa, Chief Teknologi Officer XL Axiata mengatakan untuk pemantauan terkait informasi wabah COFID-19 melalui media sosial, secara nasional kenaikan trafik terjadi pada Facebook sebesar 11 persen. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi yang mengalami peningkatan trafik data. Berikut informasi yang dirangkum IDN Times. Yuk simak!

1. Aplikasi berbagai media massa online yang menyediakan berita-berita update tentang peristiwa besar ini juga meningkat signifikan

Trafik Data Internet Naik, Banyak yang Pantau Informasi Wabah COVID-19IDN Times/Istimewa

Aplikasi berbagai media massa online yang menyediakan berita-berita update tentang peristiwa besar ini juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata sebesar 8 persen. Instagram 2 persen, Youtube 3 persen, dan Twitter 3 persen. Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar 2 persen, termasuk ke website-website yang menyediakan informasi seputar COVID-19. 

Baca Juga: Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFH

2. Kemudian, layanan percakapan instan juga mengalami peningkatan

Trafik Data Internet Naik, Banyak yang Pantau Informasi Wabah COVID-19IDN Times/Istimewa

Kemudian, layanan percakapan instan juga mengalami peningkatan, seperti Whatsapp secara nasional mengalami kenaikan trafik sebesar 10 persen, LINE 1 persen, dan Telegram 12 persen.

Selama berada di rumah melakukan social distance, masyarakat dan pelanggan juga mengakses sejumlah layanan penyediaan hiburan seperti gim yang trafiknya naik sebesar 6 persen, dan streaming film yaitu Netflix dan Hooq 38 persen.

3. Kebutuhan atas layanan internet dan data, juga layanan telekomunikasi lainnya kemungkinan besar akan terus meningkat

Trafik Data Internet Naik, Banyak yang Pantau Informasi Wabah COVID-19unsplash

Selama sepekan periode pelaksanaan himbauan bekerja dan belajar dari rumah, jumlah mobilitas pelanggan yang ke luar negeri dan jumlah pelanggan luar negeri yang datang ke Indonesia juga mengalami penurunan.

Pelanggan keluar negeri (outbound) turun 41 persen, sedangkan pelanggan dari luar negeri yang menggunakan jaringan XL Axiata (inbound) turun sekitar 16 persen. 

“Kami akan terus berusaha menjaga performa jaringan di seluruh wilayah Sumatera seiring dengan makin gencarnya upaya pemerintah provinsi dan kota atau kabupaten menyerukan social distancing atau tetap tinggal di rumah saja kepada seluruh warga," ujar Desy Sari Dewi, Group Head XL Axiata West Region.

Berarti kebutuhan atas layanan internet dan data, juga layanan telekomunikasi lainnya kemungkinan besar akan terus meningkat,” tambahnya.

Baca Juga: Social Distancing, Ini 4 Cara Ampuh yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya