Tokoh dari Berbagai Agama Berbaur dalam Kopi Toleransi

Dalam rangka memperingati Hari Toleransi Sedunia

Medan, IDN Times - Sejumlah pemuda dan tokoh agama hadir dalam Kemah Kebangsaan yang digagas oleh Kopi Toleransi. Acara berlangsung di Lapangan Masjid Mubarak Jalan Pasar III, selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/11).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam agenda peringatan Hari Toleransi Sedunia.  Muhammad Idris, salah satu penggagas acara mengatakan tokoh berasal dari berbagai agama, seperti Islam (NU dan Ahmadiyah), Protestan, Katholik, Buddha, Baha'i, dan Parmalim berbaur dalam toleransi. 

1. Untuk mengajak generasi muda agar memahami keberagamannya

Tokoh dari Berbagai Agama Berbaur dalam Kopi ToleransiKemah Kebangsaan (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Idris mengatakan mereka mengajak generasi muda agar memahami keberagamannya. Sebab dari toleransi ini lah keutuhan negara semakin kokoh.

"Tak kalah penting adalah upaya mengubah Kota Medan, yang termasuk 10 Besar Kota Intoleran di Indonesia dalam riset Setara Institut Tahun 2018. Medan bahkan kalah dari Pematangsiantar yang hidup plural tanpa konflik sejauh ini," ujar Idris.

"Kenyataan ini menjadi motivasi untuk kita supaya toleransi membumi di Medan. Mengubah wajah Medan dari yang 10 besar Intoleran menjadi penuh kasih sayang," sambungnya.

Baca Juga: Polrestabes Medan Dibom, Istana: Tidak Ada Toleransi untuk Terorisme

2. Kegiatan ini bertujuan untuk membumikan toleransi kepada anak-anak muda dengan latar belakang berbeda agama dan keyakinan

Tokoh dari Berbagai Agama Berbaur dalam Kopi ToleransiKemah Kebangsaan (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Adapun tujuan diselenggarakannya Kemah ini, kata Idris, sebagai upaya membumikan toleransi kepada anak-anak muda dengan latar belakang berbeda agama dan keyakinan sehingga mereka mampu menjadi the agent of change di tengah masyarakat.

Idris berharap, kegiatan ini mampu mengubah image Medan sebagai kota yang toleran.

"Semoga komunitas #kopitoleransi ini dapat secara konsisten serta berkomitmen menyuarakan dan membumikan toleransi di kota Medan ini," ujar Idris.

3. Peserta hadir dari kalangan mahasiswa maupun pelajar

Tokoh dari Berbagai Agama Berbaur dalam Kopi ToleransiKemah Kebangsaan (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Dari perwakilan mahasiswa, turut hadir dari UINSU, Universitas Katholik Santo Thomas, STT Abdi Sabda, Boddhicita. Sejumlah pelajar datang diantaranya dari Imelda, SMA Negeri 7, SMA Negeri 10. Dari data yang tercatat, peserta sebanyak 150 orang.

Baca Juga: Maknai Sumpah Pemuda, Sultan Deli Suarakan Toleransi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya