Terlibat Narkoba Jaringan Lapas di Sumut, 11 Sipir Penjara Dipecat

Dalam kurun waktu 2020-2021

Medan, IDN Times - Sebanyak 11 petugas supir di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sumatera Utara akan dipecat, lantaran terlibat dalam peredaran narkotika. Langkah itu sebagai sikap tegas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Utara.

1. Dalam kurun waktu 2020-2021 ada 11 petugas sipir yang kini tengah proses pemecatan

Terlibat Narkoba Jaringan Lapas di Sumut, 11 Sipir Penjara DipecatPara sipir memasang alat pemantau untuk memperketat penjagaan di sel isolasi narkoba. Dok Humas Lapas Kedungpane

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkuham Sumut, Anak Agung G Krisna, mengatakan dalam kurun waktu 2020-2021 ada 11 petugas sipir yang kini tengah proses pemecatan. Saat ini, para oknum petugas tersebut sedang proses penyidikan di kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

‎"Ini mereka (petugas Lapas) ditahan. Keluar surat penahanan, keluar juga pemberhentian sementara sambil menunggu proses hukum," kata Agung, saat dikonfirmasi Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Imam Suyudi Ingatkan Pegawai Lapas Tak Boleh Terlibat Narkoba

2. Pemecatan ini sebagai contoh bahwa pihaknya tidak main-main dengan narkoba yang melibat petugas lapas

Terlibat Narkoba Jaringan Lapas di Sumut, 11 Sipir Penjara DipecatIlustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Dijelaskan Agung, pemecatan ini sebagai contoh bahwa pihaknya tidak main-main dengan narkoba yang melibat petugas lapas atau rutan. "Diputus bersalah sekian tahun, pecat langsung. Nol tahun (belum diputus) pecat. Kalau kasus narkoba kita tidak ada main-main," ujarnya.

3. Kemenkumham Sumut langsung melakukan pembinaan secara internal

Terlibat Narkoba Jaringan Lapas di Sumut, 11 Sipir Penjara DipecatPetugas Kanwil Kemenkumham Sulsel melakukan sidak di Rutan Klas I Makassar, Jumat (13/12) / Sahrul Ramadan

Saat ini, kata Agung, Kemenkumham Sumut langsung melakukan pembinaan secara internal terhadap petugas yang sudah teridentifikasi terlibat peredaran narkoba dengan belum jauh menjalani bisnis haramnya.

Baca Juga: Remisi Lebaran, 60 Narapidana di Sumut Akan Dibebaskan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya