Sandiaga Uno Sebut Sumut Punya Potensi Desa Wisata yang Menarik

Wisata Paloh Naga memiliki kafe baca

Deli Serdang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara, agrowisata Paloh Naga di Desa Denai Lama, Kabupaten Deliserdang, Rabu (9/6/2021).

Dalam kunjungan kali ini, Sandiaga ditemani dua content creator asal Medan, Arif Muhammad atau yang dikenal dengan Mak Beti dan Vito Sinaga.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau kesiapan desa tersebut untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata 2021, salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan di tengah pandemik COVID-19. 

Dengan mengangkat tema Indonesia Bangkit. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga: Jarang Terekspose, 10 Artis Ini Ternyata Sudah Jadi Istri Abdi Negara

1. Desa Wisata Paloh Naga akan ikut mendaftar dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Sandiaga Uno Sebut Sumut Punya Potensi Desa Wisata yang MenarikIDN Times/Masdalena Napitupulu

Sandiaga Uno, mengatakan Sumatera Utara mempunyai potensi desa wisata yang mampu menarik minat wisatawan. Salah satunya, Wisata Pasar Paloh Naga, di Desa Wisata Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. 

"Desa wisata ini memang unik. Meskipun nilai transaksi menggunakan Kepeng masih belum signifikan dalam industri pariwisata, namun kami melihat semangat menjadikan desa wisata ini memiliki keunikan dan tumbuh berkembang," katanya, Rabu (9/6/2021).

"Tentu kita berharap Desa Wisata Paloh Naga ini akan ikut mendaftar dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini. Anugerah Desa Wisata 2021 ini juga menjadi stimulan kebangkitan industri wisata nasional yang terdampak pandemik COVID-19," tambahnya.

2. Wisata Paloh Naga memiliki kafe baca

Sandiaga Uno Sebut Sumut Punya Potensi Desa Wisata yang MenarikIDN Times/Masdalena Napitupulu

Menurut Sandi, potensi wisata edukasi di Paloh Naga ini, juga bisa dilihat dari sanggar lingkaran yang memiliki kafe baca yang juga berfungsi sebagai taman baca. Salah satu manfaatnya untuk pengembangan karakter Sumber Daya Masyarakat di desa Denai Lama.

Selain itu, Denai Lama juga berhasil berkembang dibidang Agrowisata salah satunya Agrowisata Paloh Naga sebagai pusat produksi jajanan dan oleh-oleh khas dari Desa Denai Lama, yang mempunyai ciri khas dalam setiap transaksi jual belinya masih menggunakan cara barter seperti menukarkan uang dalam bentuk koin kayu.

3. Sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dimulai sejak 22 Mei-25 Juni 2021

Sandiaga Uno Sebut Sumut Punya Potensi Desa Wisata yang MenarikIDN Times/Masdalena Napitupulu

Desa Wisata Denai Lama terkenal dengan literasi adat budayanya, seperti budaya Jawa, Melayu dan Batak yang juga menghasilkan kerajinan yang beragam, seperti kain tenun khas Desa Denai Lama, Kain Batik Jumputan, dan Kerajinan dari batok kelapa.

Rangkaian sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sudah dimulai sejak 22 Mei 2021 dan berlanjut sampai dengan 25 Juni 2021 mendatang. 

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, telah berjalan dibeberapa daerah diantaranya Desa pujon Malang, Desa Mas Ubud, Desa Tugu Selatan Cisarua, Desa Cibuntu Kuningan, Desa Candirejo Magelang dan Desa Pentingsari Sleman.

Baca Juga: Paloh Naga, Nikmatnya Makan di Pinggir Sawah dan Bayar Pakai Kayu

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya