Revitalisasi Lapangan Merdeka Tahap Pertama Rampung Februari 2023

Proyek ini ditargetkan selesai pada 16 Februari 2023

Medan, IDN Times- Proses pembangunan revitalisasi Lapangan Merdeka Medan terus berlangsung. Sampai akhir tahun 2022, pekerjaan revitalisasi Lapangan Merdeka tahap pertama telah mencapai 80 persen. Proyek ini ditargetkan selesai pada 16 Februari 2023.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya Tata Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis menyampaikan pekerjaan tahap pertama meliputi pemasangan bor pile dan penggalian untuk basement selesai.

“Proyek ini dilanjutkan lagi pekerjaan tahap II yang bersumber dari APBD murni tahun 2023 dan 2024,” kata Endar, Senin (16/1/2023). 

1. Pemasangan bor pile sudah selesai

Revitalisasi Lapangan Merdeka Tahap Pertama Rampung Februari 2023Revitalisasi Lapangan Merdeka Tahap Pertama Rampung Februari 2023

Endar menjelaskan, pemasangan bor pile sebanyak 1.800 lebih dan penggalian untuk bangunan basement merupakan dua pekerjaan mayor pada tahap pertama kegiatan revitalisasi Lapangan Merdeka.

“Saat ini kalau untuk pemasangan bor pile sudah selesai semua. Yang belum selesai adalah penggalian ke pembuangan ke tujuan dan pemasangan konstruksi capping beam sepanjang 100 meter lagi,” tambahnya.

Baca Juga: Sejarah Lapangan Merdeka Medan, Tempat Umumkan Proklamasi di Sumut

2. Tanah galian Lapangan Merdeka dimanfaatkan untuk menimbun lahan pembangunan lainnya

Revitalisasi Lapangan Merdeka Tahap Pertama Rampung Februari 2023Revitalisasi Lapangan Merdeka Tahap Pertama Rampung Februari 2023

Endar mengatakan, tanah galian Lapangan Merdeka ini dimanfaatkan untuk menimbun lahan pembangunan Islamic Centre, TPA Terjun, dan rencana lapangan sepak bola di Sicanang.

Terkait ini, Endar mengatakan, faktor cuaca cukup mempengaruhi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan pekerjaan mobilisasi tanah galian ke lahan Islamic Centre, TPA Terjun, dan rencana Lapangan Sepak Bola di Sicanang turut terkendala.

3. Target per hari yang tercapai 90 trip

Revitalisasi Lapangan Merdeka Tahap Pertama Rampung Februari 2023Revitalisasi Lapangan Merdeka Tahap Pertama Rampung Februari 2023.

Endar menambahkan, pihaknya baru selesai melakukan rapat teknis dengan pelaksana pekerjaan tahap pertama revitalisasi Lapangan Merdeka, termasuk juga dengan pelaksana pekerjaan Islamic Centre dan TPA Terjun.

“Target kita per hari 120 trip hanya bisa tercapai 90 trip. Jadi ada 30 persen resistensinya,” jelasnya.

Baca Juga: Potret Terkini Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya